KOREA

Super Junior Bicara Soal Album Ke-11, Super Show 9 Termasuk di Indonesia, Rahasia Kocak Bisa Bertahan 17 Tahun Hingga Jadi Space Traveler di SMCU

Selasa, 12 Juli 2022 12:27

Super Junior (credit: SM Entertainment)

Kapanlagi.com - ELF di seluruh dunia (Super Junior) pastinya lagi happy banget nih karena idola mereka merilis album kesebelas yang bertajuk THE ROAD: KEEP ON GOING dengan lagu andalan berjudul Mango. Selain itu mereka segera menemui penggemar lewat konser offline setelah pandemi, Super Show 9.

Dalam konferensi pers yang berlangsung pada hari Selasa (12/7/2022), Super Junior membicarakan soal album terbaru dan konser mereka ini, termasuk soal persiapan hingga perasaan mereka untuk penggemar. Intinya mereka excited dan tak menyangka bisa bertahan hingga 17 tahun di dunia K-Pop.

"Artinya Super Junior akan terus melangkah di jalan (on The Road, seperti judul album). Kami punya album buat masa lalu dan masa depan, dan lewat album ini, kami ingin menunjukkan masa kini dan perjalanan dari Super Junior," jelas Super Junior.

1. Album Dibagi Jadi Dua Volume

Bukan cuma menjelaskan makna dari album terbaru, Siwon juga menjelaskan kalau untuk THE ROAD: KEEP ON GOING ini bakal dibagi dalam dua volume, Vol 1 dan Vol 2. "Vol 1 akan diungkap di konser nanti. Vol 2 akan dirilis di pertengahan kedua 2022. Aku baru saja tahu soal ini," kata Siwon.

Super Junior pun menolak menjelaskan soal Vol 2 ini lebih lanjut. Ya sudah biar menjadi kejutan buat kita semua.

2. Trivia Soal Mango

Siwon lalu diminta menjelaskan soal lagu andalan mereka untuk album terbaru ini, Mango. "Ini lagu funky pop dengan suara yang berat dan ritmis. Liriknya tentang bagaimana kami akan menjadi oasis bagi kalian dan mengisinya dengan cinta," kata Siwon.

Eunhyuk sebagai main dancer, lalu menjelaskan soal koreografi buat lagu Mango. "Kami bekerja dengan Aiki dan sangat berterima kasih. Koreografinya cocok buat Super Junior. Bahkan saat proses (pembuatan koreografi), dia terus memodifikasi gerakan agar bisa cocok dengan gaya kami," kata Eunhyuk lalu menunjukkan gerakan dada yang layak buat dinantikan di lagu Mango.

Kyuhyun tak mau ketinggalan untuk bicara sedikit soal MV Mango. "MV-nya nanti akan beda dengan Don't Wait (lagu pre-release). Tapi akan tetap ada adegan lucu di akhir MV yang menunjukkan prank buat para member," ujar sang maknae.

3. Leeteuk Cosplay di MV Don't Wait

Ngomong-ngomong soal Don't Wait, pastinya ELF sudah lihat dong MV buat lagu pre-release ini. Don't Wait sendiri bercerita tentang seseorang yang ingin mengungkapkan cinta. Di MV-nya, Leeteuk cosplay jadi wanita cantik. Para member pun membicarakan hal ini di preskon.

"Kami sebenarnya berdiskusi, harusnya kita berpakaian jadi wanita. Tapi Leeteuk terus bilang mungkin dia sendiri saja yang berpakaian wanita. Jadi aku tahu kalau dia pengen melakukan sendirian, makanya kami biarkan dia dan dukung saja," kata Shindong.

Leeteuk lalu menjelaskan alasan kenapa ada adegan dirinya berpakaian wanita di MV Don't Wait. "Awalnya, kami harusnya sungguh-sungguh dalam mengungkapkan cinta, tapi aku lihat semuanya jadi terlalu serius dalam berakting. Makanya kita buat adegan lucu."

4. Rasakan Tekanan dalam Pembuatan THE ROAD: KEEP ON GOING

Dalam pembuatan album pasti prosesnya tidak mudah. Belum lagi ada saja tekanan yang dirasakan. Hal ini pun diakui oleh Leeteuk dalam pembuatan album THE ROAD: KEEP ON GOING.

"Memang tiap kali kami membuat album, semua staf merasakan tekanan berat. Karena kami khawatir apa bisa cocok dengan yang sedang jadi tren di kalangan anak muda. Tapi kami harus melewati tantangan itu," kata sang leader.

5. Tak Sabar Ketemu Fans di Super Show 9

Selain itu, di sela persiapan album ini, Super Junior juga harus siap tampil di rangkaian konser offline mereka, Super Show 9. Bahkan setelah preskon, Donghae dkk bilang bakal latihan lagi.

"Kami punya kerjasama yang bagus sekarang. Dan inilah pertama kali (setelah pandemi) kami akan mendengar suara penggemar lagi. Aku punya harapan tinggi buat itu. Selain itu, buat yang nggak bisa nonton langsung, kami juga akan menayangkan secara online via Beyond," kata Donghae.

6. Super Show 9 Bakal ke Beberapa Negara

Super Show 9 bakal dimulai di Korea Selatan, tanggal 15 - 17 Juli 2022 tepatnya di Jamsil Arena. Setelah itu pastinya mereka nggak akan berhenti di situ saja.

"Setelah konser di Seoul, kami ke Thailand, Singapura, Filipina, Indonesia, Jepang hingga ke Amerika Latin," kata Leeteuk.

Eunhyuk juga bilang mereka bakal sibuk banget karena Super Junior bakal syuting variety show di Korea. Layak dinantikan nih!

7. Rahasia Bertahan Belasan Tahun di Dunia K-Pop

Super Junior debut tahun 2005 artinya mereka sudah 17 tahun di industri K-Pop, 18 bahkan dalam sistem umur Korea. Lalu apa sih rahasia mereka bisa bertahan awet selama belasan tahun?

"Sebenarnya nggak ada rahasianya sih. Hanya saja para member sabar banget," kata Eunhyuk.

Leeteuk lalu menyahut. "Sebenarnya ada rahasianya. Kita semua pengecut. Kita nggak tahu bakal gimanakalau keluar (dari Suju)," katanya (yang tentu saja bercanda) yang bikin semua ketawa.

Shindong pun nggak mau kalah. Dia ikut berkomentar soal resep Super Junior bisa bertahan lama. "Kami bisa bekerja selama ini karena agensi (SM Entertainment). Aku segera menandatangani kontrak baru, jadi tolong naikkan nilai kontrakny," kata Shindong yang lagi-lagi bikin ngakak member lain.

8. Peran Super Junior di SMCU

Ngomong-ngomong soal SM Entertainment, pastinya tahu dong kalau agensi satu ini lagi semangat-semangatnya mempromosikan SMCU hingga Kwangya. Ternyata nih member Super Junior juga paham soal ini bahkan menjelaskan peran mereka dalam SMCU.

"Kami punya SMCU dan di sana Super Junior sebagai space traveler (penjelajah ruang angkasa), bukan agensi travel ya. Jadi kami ceritanya menjelajah ke planet-planet berbeda kemudian berkumpul lagi untuk beraktivitas bersama buat album ini. Ya kami semacam alien lah," kata Ryeowook.

9. Pesan Super Junior Buat ELF

Terakhir Super Junior diwakili oleh Leeteuk memberikan pesan manis buat ELF yang sudah setia mencintai dan mendukung mereka selama belasan tahun.

"Aku ingin bilang ke penggemar kalau Super Junior masih hidup. Seiring berjalannya waktu, artis bisa dilupakan. Tapi yang ingin aku katakan ke fans dan juga publik, kalau kita punya ikatan yang lebih kuat dengan penggemar selagi kami mengejar karier," kata Leeteuk.

(kpl/pit)

REKOMENDASI
TRENDING