Awal Mula Indonesia Punya Wacana Undang SNSD ke Asian Games 2018

Senin, 31 Juli 2017 22:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Awal Mula Indonesia Punya Wacana Undang SNSD ke Asian Games 2018 SNSD © Istimewa

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu, kabar tentang kehadiran girlband populer korea, Girls Generation atau SNSD di Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 bikin geger publik. Pada berita-berita yang tersebar, Presiden RI, Jokowi disebut bakal mengundang Taeyeon CS untuk meramaikan hari proklamasi tersebut.

Menanggapi kabar itu, tentu banyak pro dan kontra yang masuk. Di saat para sone, sebutan fans SNSD menyambut baik kabar baik tersebut, tak sedikit pula yang merasa geram karena ada wacana pemerintah bakal mengundang artis Internasional ke acara kemerdekaan. Untuk itu, Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif buka memberikan klarifikasinya.

"(SNSD) Bukan ke upacara Proklamasi. Saya klarifikasi ya. Kami sedang sibuk menyelenggarakan Asian Games 2018 yang mulainya 18 Agustus 2018. Nah kalau di negara-negara lain perhelatan Asian Games itu sudah diselenggarakan promosinya jauh-jauh hari, malah ada yang lima tahun sebelumnya publikasi ke dunia. Ada tiga tahun sebelumnya. Kita (Indonesia) tinggal satu tahun. Jadi kami (pemerintah) merasa harus ada promosi. Bukan saja untuk publik Indonesia tetapi juga untuk luar negeri. Biar mereka aware bukan Asean ya tapi Asian. Asian Games 2018 itu termasuk China, Jepang, India. Nah untuk itu kami akan menyelenggarakan hitung mundur atau countdown to Asian Games 2018. Jadi kan ini Asia ini acaranya, jadi selain dimeriahkan oleh artis-artis nasional, juga akan dimeriahkan oleh artis-artis yang punya daya tarik secara Asia, dunia. Kami undang yang terkenal-terkenal di Asia. Tapi ini tergantung dengan anggaran kami terbatas," ujar Triawan Munaf, Kepala Bekraf saat dihubungi, Senin (31/7).

Triawan tegaskan SNSD diundang bukan di hari Kemerdekaan Indonesia © KapanLagi.com®Triawan tegaskan SNSD diundang bukan di hari Kemerdekaan Indonesia © KapanLagi.com®

Rupanya ada cerita di balik alasan Triawan mengundang SNSD ke Tanah Air. Ya, ayah dari artis Sherina Munaf itu ternyata sempat ke Korea dan bertemu langsung dengan salah satu personel SNSD. Bahkan, Ia juga sempat ada wacana menghadirkan PSY ke ajang Asian Games 2018 loh.

"Kebetulan, bulan lalu saya ke Seoul ketemu dengan salah satu personel SNSD. Ketemu juga dengan Psy. Tapi Psy nggak bisa. Personel SNSD itu setelah saya ngomong, tertarik untuk datang ke Jakarta. Walaupun mereka sedang sibuk, karena SNSD itu sedang reuni apalah ulang tahun 10 tahun, nah dia mau dateng. Sekarang negosiasi sama manajemennya. Nah, waktu itu ada wartawan di istana yang nanya waktu saya konferensi pers untuk bulan kemerdekaan. Karena melihat gambar yang di Instagram. Saya bilang iya dia itu sedang direncanakan untuk datang ke Jakarta untuk Asian Games, bukan untuk Hari Proklamasi. Ini yang disalah artikan. Jadi untuk countdown Asian Games di Monas. Nggak ada hubungannya sama hari Proklamasi," sambungnya.

Seperti diketahui, banyak orang yang melabeli SNSD dengan imej negatif. Triawan pun dengan tegas menentang anggapan tersebut karena menurutnya girlband yang berada di bawah naungan SM Entertainment itu sangat disiplin dan jauh dari pandangan miring publik.

"Ada komentar yang berlebihan. Ada yang bilang mereka simbol seks, (maaf) pelacur lah. Waduh Saya tahu mereka itu orang baik-baik. Mereka sopan-sopan, disiplin," pungkas Triawan.

(kpl/rhm/gtr)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING