FILM INDONESIA

7 Rekomendasi Film Perjuangan Indonesia yang Penuh Cerita Patriotik

Senin, 12 September 2022 20:33

Rekomendasi Film Perjuangan Indonesia (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Indonesia memiliki sejarah panjang perjuangan dalam meraih kemerdekaan. Sejarah tersebut banyak mengilhami para sineas untuk menghasilkan film perjuangan yang berkualitas. Pada akhirnya, tak heran jika begitu banyak rekomendasi film perjuangan Indonesia yang bisa kalian saksikan.

Rekomendasi film perjuangan Indonesia ini bisa kalian tonton jika ingin mengetahui berbagai cerita para pahlawan di masa lalu. Perjuangan, air mata, dan pertumpahan darah dikemas dalam sebuah film yang tak boleh dilewatkan.

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi film perjuangan Indonesia dari yang lawas hingga terbaru untuk kalian saksikan. Jika penasaran, langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. MERAH PUTIH (2009)

Rekomendasi film perjuangan Indonesia yang cukup populer adalah MERAH PUTIH. Film yang menjadi bagian pertama dari Trilogi Merdeka ini menyoroti tokoh pejuang untuk meraih kemerdekaan. Tokoh-tokoh tersebut diperankan oleh berbagai aktor ternama, seperti Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, dan sederet bintang film berbakat lainnya.

Latar film ini berada di masa perjuangan Indonesia pada tahun 1947. Saat itu, para pejuang Indonesia harus bertahan dan melawan Belanda. Cerita pada film ini berfokus pada lima orang kadet dengan latar belakang yang berbeda-beda. Saat kamp mereka diserang oleh Belanda, akhirnya memutuskan untuk bersatu. Akhirnya, mereka yang berhasil selamat pun bergabung dalam pasukan gerilya di pedalaman Jawa.

2. DARAH GARUDA (2010)

Selanjutnya, masih menjadi bagian dari trilogi yang sudah disebutkan di atas. Judul film ini adalah DARAH GARUDA yang menjadi rekomendasi film perjuangan Indonesia. Tak jauh beda dari sebelumnya, pemain dalam film ini mendapatkan penambahan peran untuk melengkapi cerita. Masalah yang diangkat dalam film ini pun lebih mendalam.

Pada bagian ini, akan ada kisah yang lebih mendalam, yakni tentang kepribadian, kelas sosial, dan agama. Nah, konflik itulah yang harus mereka selesaikan selama gerilya. Selain itu, mereka juga harus tetap bersatu untuk menyerang kamp tahanan Belanda.

3. HATI MERDEKA (2011)

HATI MERDEKA juga menjadi rekomendasi film perjuangan Indonesia yang tak kalah menarik untuk ditonton. Sebagai bagian ketiga dari trilogi, para aktor yang menjadi pemeran film ini pun masih sama. Mereka tetap memainkan peran para tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan.

Apalagi, pada bagian ini, para tokoh pejuang mendapatkan ujian karena sang pimpinan mundur. Kesedihan tak hanya sampai di situ, bergerak tanpa pemimpin jelas bukan hal mudah bagi mereka. Padahal, mereka harus segera menuntaskan misi untuk membunuh Kolonel Raymer di Bali.

4. SOEKARNO (2013)

SOEKARNO juga menjadi rekomendasi film perjuangan Indonesia yang juga tak boleh kalian lewatkan. Seperti judulnya, film ini menyoroti kehidupan sosok presiden pertama Republik Indonesia, dari masa kecilnya hingga tumbuh dan berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama M. Hatta pada 17 Agustus 1945.

Peristiwa dalam film ini bermula pada 1942, saat pemerintah Hindia Belanda di Pulau Jawa menangkap Soekarno. Saat itu, dia dikenal sebagai seorang pemuda yang bercita-cita tinggi untuk membebaskan Indonesia dari penjajahan. Selanjutnya, dia dimasukkan ke dalam Penjara Banceuy di Bandung, Indonesia.

Daripada sedih meratapi nasib, Soekarno justru bisa menemukan cara untuk melawan. Dia pun menyampaikan orasi pembelaan yang terkenal berjudul "Indonesia Menggugat" dalam persidangannya di Pengadilan Negeri Bandung Landraad.

5. JENDERAL SOEDIRMAN (2015)

Selanjutnya, masih ada rekomendasi film perjuangan Indonesia tentang tokoh penting nasional, yakni JENDERAL SOEDIRMAN. Film ini bisa disebut sebagai film biopik yang mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Dikisahkan bahwa Belanda menyatakan secara sepihak mengenai ketidakterikatan pihak mereka dengan Perjanjian Renville dan menghentikan gencatan senjata.

Selanjutnya, pada tanggal 19 Desember 1948, Panglima Angkatan Darat Jenderal Spoor Noord Simons memimpin agresi militer II untuk menyerang Yogyakarta, ibu kota Republik Indonesia saat itu. Sementara itu, Belanda menangkap Soekarno-Hatta dan mengasingkannya ke pulau Bangka.

Meski Belanda menyatakan Indonesia sudah tak ada lagi, Jenderal Soedirman masih tetap memimpin perang gerilya selama tujuh bulan. Dia pun menyiarkan bahwa NKRI masih ada dan tetap kokoh. Jawa pun berubah menjadi zona perang gerilya dan perlahan-lahan menghancurkan persediaan logistik Belanda satu per satu.

6. BATTLE OF SURABAYA (2015)

BATTLE OF SURABAYA juga menjadi rekomendasi film perjuangan Indonesia yang bercerita tentang petualangan Musa, seorang penyemir sepatu berusia 13 tahun. Dia merupakan anak yang spontan dan berani. Dia harus mencari nafkah di bawah tekanan kebutuhan atau kemiskinan di era Perang Dunia II.

Selanjutnya, diceritakan bahwa Musa bertemu Yumna yang mengubah hidupnya menjadi perjalanan yang lebih berwarna. Musa memutuskan untuk mengambil pekerjaan sebagai kurir. Bukan kurir biasa, Musa mengantarkan surat-surat rahasia mengenai strategi perang 10 November 1945. Bagaimana, tertarik untuk mengikuti kisah perjuangan ini?

7. KADET 1947 (2021)

Terbaru, ada rekomendasi film perjuangan Indonesia yang berjudul KADET 1947. Secara garis besar, film ini berkisah tentang para kadet angkatan udara di Maguwo, Yogjakarta. Mereka adalah Sigit, Mul, Adji, dan Har. Mereka juga ingin ikut andil dalam mempertahankan Proklamasi kemerdekaan Indonesia dari agresi militer Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia pada 1947.

Meski begitu, sebenarnya para kadet belum bisa ikut berperang karena statusnya masih taruna. Mereka hanya boleh membantu seniornya dan tak boleh menerbangkan pesawat. Namun, Sigit yang mengetahui di desanya ada pesawat Jepang yang jatuh, mencoba mengajak kawannya untuk mengambil mesin pesawat tersebut. Bagaimana nasib mereka selanjutnya?

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi film perjuangan Indonesia yang penuh cerita patriotisme.

REKOMENDASI
TRENDING