FILM INDONESIA

Ridwan Kamil Akan Bangun Taman Dilan di Bandung, Berhias Mural - Sajak Pidi Baiq

Senin, 11 Februari 2019 13:50 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Ridwan Kamil dan pemain film DILAN (credit: Kapanlagi.com/Adrian Utama Putra)

Kapanlagi.com - Kesuksesan film DILAN 1990 membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ingin membangun sebuah taman yang akan dinamakan Taman Dilan di Bandung. Taman tersebut rencananya akan dihiasi mural, foto-foto serta tulisan sajak karya penulis novel Dilan yakni Pidi Baiq.

"Dengan Ayah (Pidi Baiq) saya sudah sepakat ada legenda-legenda kontemporer istilahnya kita abadikan dalam sebuah tempat. Taman Dilan nanti akan ada di Gelora Saparua. Mudah-mudahan itu menjadi daya tarik. Kalau ke Amerika ada Disneyland, kita cukuplah Taman Dilan. Asal kesininya membawa benefit ekonomi yang positif," ujar Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/2).

"Ya namanya kontemporer itu artinya orang mau ngapain? Pasti mau foto-foto kan atau orang mau baca buku. Nanti di tempat itu ada perpustakaan yang isinya buku-buku mayoritas tentang Bandung dan Dilan juga. Kemudian ada quote-quote Ayah yang memang inspiratif kan. Termasuk nanti ada motor-motor yang disulap jadi seolah-olah motor Dilan," lanjutnya.

1. Jadi Objek Wisata

Ridwan Kamil pun berharap Taman Dilan nanti bisa berdampak positif. Menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang akan datang ke Bandung.

"Tapi intinya itu diharapkan bisa menjadi daya tarik tambahan pariwisata yang sifatnya kontemporer. Kan saya selalu bilang selama itu positif saya dukung dan kita akan bikin hal positif supaya orang mengapresiasi. Film yang bagus juga sering kali dimulai dari novel dulu, jadi pembahasan novelnya, sastranya bisa jadi menarik," ungkap Ridwan Kamil.

2. Baru Jadi Akhir Tahun

Namun Taman Dilan tersebut saat ini masih dalam tahap pembuatan dan rencananya baru selesai di akhir tahun. Tapi pada tanggal 24 Februari 2019 yang juga diperingati Hari Dilan akan diadakan soft launching Taman Dilan tersebut bersama para cast film DILAN 1991.

"Belum jadi tanggal 24. Karena kalau pekerjaan pemerintah kan butuh waktu. Baru beresnya nanti di akhir tahun. Tapi yang sekarang nanti kita apa istilahnya soft launching dikira-kira lah bentuknya seperti itu tapi finishingnya nanti masih lama sih. Tidak berbarengan dengan waktu film. Kalau yang nanti tanggal 24 (Februari) kayak kita bikin acara kawinan dipermak-permak dulu, selucu-lucu saya tapi yang finishing finalnya nanti di akhir tahun," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING