FILM INTERNASIONAL

'THE FALCON AND THE WINTER SOLDIER' Soroti Kisah Pergulatan Batin Superhero Sepeninggal Captain America

Sabtu, 20 Maret 2021 07:01 Penulis: Mahardi Eka Putra

Poster THE FALCON AND THE WINTER SOLDIER. (Foto: Marvel Studios)

Kapanlagi.com - THE FALCON AND THE WINTER SOLDIER menjadi serial kedua Marvel Studios yang tayang di Disney+. Tidak banyak yang tahu bahwa serial ini sejatinya adalah proyek serial pertama Marvel Studios. Serial ini disutradarai oleh Kari Skogland dan masih dibintangi oleh Anthony Mackie sebagai Falcon serta Sebastian Stan sebagai Winter Soldier.

Kisahnya bertolak dari sepeninggal Captain America yang menjadi sahabat sekaligus panutan Falcon dan Winter Soldier. Sembari bergulat dengan perasaan kehilangan, keduanya dihadapkan pada masalah baru yang membutuhkan campur tangan mereka. Demi kedamaian dunia. 

Meski tayang dalam bentuk serial, produser Kevin Feige meyakinkan penonton bahwa THE FALCON AND THE WINTER SOLDIER bakal menyajikan pengalaman sinematik layaknya film bioskop. 

"Kami membuktikan apa yang bisa kami lakukan kepada penonton, Mr Mackie dan Stan bahwa kendati ini tayang di TV tidak berarti tak bisa megah seperti film layar lebar. Kami telah bekerja keras banting tulang untuk bisa mewujudkannya," ujar Kevin Feige dalam global preskon, Senin dini hari. 

Hal itu terbukti pada episode pertamanya yang sudah tayang di mana ada adegan Falcon terbang menukik menghindari kejaran roket di ngarai yang curam. "Jika kita membuat serial dengan Falcon dan Winter Soldier sebagai tokohnya, maka kita perlu membuat film laga terbaik yang pernah ada," tambahnya. 

 

1. Berkenalan Dengan Falcon dan Winter Soldier dari Hati ke Hati

Selain memunculkan aksi-aksi hebat duo kawan Captain America tersebut, serial ini juga mengajak penonton untuk kenal lebih dekat dengan keduanya. "Kita hanya tahu sedikit tentang Bucky Barnes. Apa yang sudah ia lalui selama ini. Sementara Sam Wilson yang kita tahu pernah melakukan pekerjaan sosial pada veteran perang. Hanya itu. Jadi ini kesempatan untuk menggali lebih dalam lagi," ungkap Kevin. 

Kari Skogland menjabarkan kisah Falcon dan Winter Soldier sebagai duet rekan kerja penegak hukum. Oleh karenanya ia mengambil ragam referensi film-film lawas Hollywood yang demikian. Ia meyakini bahwa dengan memoles citra keduanya sebagai duet rekan kerja tersebut, ia bisa mendapatkan ciri khas dari serial yang digarapnya ini. 

Selain itu, Kari juga membawa penonton pada sisi-sisi personal Falcon dan Winter yang selama ini belum terjelajahi. "Kita tempatkan Bucky pada posisi dia sedang dalam masa terapi. Kita benar-benar ingin berintim dengan tokoh-tokoh di dalamnya. Kita ingin lebih tahu tentang mereka," ujar Kari.

 

2. Kisah Duet Penegak Hukum

Sementara penulis skenarionya, Malcom Spellman mengakui bahwa keseluruhan ceritanya ini bermula dari duet ciamik Falcon dan Winter Soldier dalam CIVIL WAR. Kedinamisan keduanya membuat Malcom yakin bahwa mereka bakal jadi duet yang oke.

"Ada adegan sepanjang 12 detik dalam CIVIL WAR di mana seluruh fans Marvel bakal paham bahwa kedua sosok ini bakal oke serta mampu saling membantu," seru Malcom. 

Dari situ Malcom lantas meramu cerita dengan banyak referensi film. Ia menggabungkan banyak detail dari film-film yang menonjolkan pasangan penegak hukum sebagai tokoh utamanya. 

"Kita bisa sekelam serial 48 HOURS atau selucu RUSH HOUR. Bisa juga seperti film pertama LETHAL WEAPON dan BAD BOYS. Kami ingin cerita dimana Sebastian dan Anthony bisa menyulapnya menjadi lebih baik. Lebih penting lagi, kami memasukkan isu-isu nyata serta tak lupa memasukkan adegan-adegan yang sangat Marvel banget dalam cerita," paparnya. 

 

3. Falcon yang Menjadi Makin Dewasa

Di ending AVENGERS: ENDGAME, Falcon mendapatkan perisai estafet dari Captain America. Boleh dikatakan, ialah sang Captain America yang baru nantinya. Namun, itu bukan hal yang mudah bagi Sam Wilson.

Menanggapi kemungkinan perkembangan Falcon dalam serial ini dan Marvel Cinematic Universe, Anthony Mackie merasa bahwa Falcon akan berkembang seiring dengan jalannya cerita. 

"Dia selalu berkembang. Baik dalam cerita-cerita dalam komik atau kini misalnya, dalam Marvel Cinematic Universe. Kita tahu pada awalnya ia diceritakan sebagai sosok penipu dari Harlem. Kemudian saat budaya Afrika Amerika berkembang, Stan Lee mengembangkannya dalam komik menjadi sosok yang baru. Jadi aku tak sabar melihat seperti apa nantinya sosok Sam Wilson dalam serial ini," papar Anthony Mackie.

Sam Wilson diceritakan menemui saudara perempuannya yang ternyata harus berjuang keras menghidupi kedua anaknya saat Sam menghilang karena Thanos. 

4. Winter Soldier yang Berupaya 'Sembuh'

Bucky Barnes bakal lebih banyak berkutat dengan masa lalunya yang masih menghantui. Seperti yang kita tahu, ia telah lama hidup sebagai pembunuh bayaran. Sudah banyak jiwa ia renggut. Ingatan akan hal seperti itu tidak akan hilang dengan cepat dan mudah.

"Kisah yang ditulis Malcom akan menyoroti pencarian jati diri Bucky, bagaimana ia menerima masa lalunya lalu mengedukasi ulang dirinya tentang seperti apa dunia tempat ia hidup," ujar Sebastian Stan.

Bucky diceritakan berupaya menemui kerabat para korbannya untuk bisa berdamai dengan apa yang ia lakukan. 


 


REKOMENDASI
TRENDING