Lahir di Bulan April, Mengapa Ultah Ratu Elizabeth Dirayakan Pada Juni?

Senin, 11 Juni 2018 12:00 Penulis: Rezka Aulia
Lahir di Bulan April, Mengapa Ultah Ratu Elizabeth Dirayakan Pada Juni? Mengapa ultah Ratu Elizabeth dirayakan pada Juni? © AFP

Kapanlagi.com - Ratu Elizabeth II lahir dengan nama Elizabeth York pada 21 April 1926. Namun kini ulang tahun Sang Ratu saat ini dirayakan pada tanggal yang berbeda yaitu pada bulan Juni.

KLovers penasaran mengapa dirayakan di bulan berbeda? Ini berawal dari tradisi yang telah dipercaya ada sejak pertengahan abad ke-15: Trooping the color.

Ratu Elizabeth II saat menemani Raja george VI pada Trooping the Clour tahun 1947. © Instagram.com/theroyalfamilyRatu Elizabeth II saat menemani Raja george VI pada Trooping the Clour tahun 1947. © Instagram.com/theroyalfamily

Trooping the Colour sebenarnya adalah sebuah latihan militer yang dimulai pada masa pemerintahan Raja Charles II. Pada masa itu setiap prajurit wajib mengenali warna regimen mereka pada sebuah perang. Jadi latihan para prajurit muda berbaris membawa bendera regimen mereka adalah sebuah latihan yang wajib.

Pada 1748, kerajaan memutuskan latihan ini menjadi event militer resmi. Trooping the Colour juga menandai ulang tahun penguasa resmi kerajaan Inggris.

Deklarasi ini berarti setiap penguasa kerajaan Inggris mulai dari Raja George II harus merayakan ulang tahunnya di hari yang bukan momen hari lahirnya. Pada era 1800-an, perayaan ulang tahun Raja Inggris digelar pada akhir Mei.

Ratu Elizabeth ditemani Pangeran Charles dan Pangeran William pada Trooping the Colour 2018. © Instagram.com/kensingtonroyalRatu Elizabeth ditemani Pangeran Charles dan Pangeran William pada Trooping the Colour 2018. © Instagram.com/kensingtonroyal

Kini pada era modern perayaan ini digelar pada Sabtu di bulan Juni. Tahun ini Trooping the Colour jatuh pada 9 Juni. Ada alasan sederhana mengapa digelar pada bulan Juni. Karena bertepatan pada musim semi. Cuaca lebih kondusif, tak terlalu terik maupun hujan.

Kini Kerajaan Inggris telah memiliki gagasan berbeda mengenai konteks militer dalam dunia. Inggris kini melihat event Trooping the Colour menjadi sebuah peringatan patriotik.

Pada perayaan Trooping the Colour akan terdapat kurang lebih 1.400 prajurit, 400 musisi, dan 200 kuda berparade dari jalanan Istana Buckingham menuju Whitehall dan kembali lagi ke istana.

Seluruh anggota keluarga Kerajaan Inggris menyapa rakyat di balkon Istana Buckingham. © AFPSeluruh anggota keluarga Kerajaan Inggris menyapa rakyat di balkon Istana Buckingham. © AFP

Ratu akan tiba dengan kereta kuda untuk memeriksa para prajurit. Kedatangan Ratu diikuti oleh para penerus tahta langsung, Pangeran Charles dan Pangeran William sambil menaiki kuda.

Anggota kerajaan lainnya seperti Pangeran Harry, Kate Middleton, Camila Bowles, dan lainnya akan mengikuti dengan menaiki kereta kencana.

Para pilot jet lakukan flyover di atas istana Buckingham. © Instagram.com/theroyalfamilyPara pilot jet lakukan flyover di atas istana Buckingham. © Instagram.com/theroyalfamily

Selanjutnya pada sore hari dilanjutkan dengan acara flyover. Para pilot jet Inggris akan melakukan atraksi terbang dengan mengeluarkan asap warna merah, putih, dan biru di langit. Seluruh keluarga kerajaan Inggris akan menyaksikan dari balkon istana.

Event ini biasanya dimulai pada jam 10 pagi, dan parade jetnya akan dimulai pada jam 1 siang waktu London. Sejumlah stasiun TV di London dan streaming online akan menayangkan ulang tahun ratu ini.

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia


REKOMENDASI
TRENDING