Dakwaan Tak Sesuai Tuntutan, JPU Sidang Ipul Masih Pikir-Pikir

Rabu, 15 Juni 2016 23:00 Penulis: Wulan Noviarina
Dakwaan Tak Sesuai Tuntutan, JPU Sidang Ipul Masih Pikir-Pikir Saipul Jamiell ©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Atas kesalahan yang dilakukan oleh Saipul Jamiell, Jaksa Penuntut Umum Dodo Ahmad Ekroni meminta agar Majelis Hakim menghukum Ipul dengan 7 tahun penjara. Namun setelah mendengarkan keterangan saksi dan pengacara, Hakim memutuskan untuk menjatuhkan hukuman tiga tahun ke Ipul.

Kepada awak media, Dodo menyebut jika pihaknya sudah membuktikan bahwa ada tindak pidana dalam kasus Ipul dan DS. Namun karena Hakim memutus hukumannya kurang dari tujuh tahun, kini JPU kembali berpikir untuk menentukan sikap.

"Saya belum bisa ngomong karena masih rahasia dapur. Kami pelajari dulu. Kita istilahnya pikir-pikir, itu diberi waktu mempelajari pertimbangan apa saja yang dijadikan dasar Majelis Hakim untuk kami cocokkan dengan tuntutan sebelumnya," ujar Dado.

Jaksa pikir-pikir dengan putusan hakim atas kasus Ipul © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoJaksa pikir-pikir dengan putusan hakim atas kasus Ipul © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Untuk kasus Saipul, JPU tak hanya memberlakukan pasal pelecehan seksual pada anak di bawah umur. Namun secara spesifik yang disorot JPU adalah pelecehan sesama jenis.

"Karena di UU Perlindungan Anak tidak khusus spesifik sesama jenis, makanya itu sebagai pasal lapisan. Kalau tidak terbukti, ada dakwaan lain. Jadi kami sudah mengantisipasi semua," ungkap Dado.

Meski demikian, Dado mengaku bahwa ia tidak kecewa dengan putusan hakim karena ini bukan masalah pribadi. Ia kini kembali mempelajari kasus ini sebelum menentukan sikap pada sidang selanjutnya.

(kpl/aal/phi)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING