Iyeth Bustami Tuntut Balik Nurham Yahya

Senin, 26 Desember 2005 14:08 Penulis: Editor KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Kasus kepemilikan lagu melayu Laksmana Raja di Laoet yang melibatkan penyanyi Iyeth Bustami dan seniman melayu Nurham Yahya dikabarkan terus berlanjut. Bahkan Iyeth dikabarkan telah menggugat balik Nurham karena dianggap telah merugikan namanya.

Hal tersebut diungkap Iyeth saat ditemui beberapa waktu lalu di sebuah pemotretan. Katanya, kasusnya ini memang masih terus berjalan. "Kasusnya sekarang masih terus berjalan. Kalau dulu saya yang dituntut ke pengadilan, sekarang saya yang menuntut balik dia. Tapi karena sertifikatnya dia yang pegang, jadi saya meminta pembatalan sertifikat kepemilikan lagu tersebut ke Pengadilan Niaga, Medan," kata Iyeth.

Iyeth mengaku, saat ini persidangan kasusnya sudah memasuki tahap-tahap akhir. Menurut Iyeth, karena letak pengadilannya jauh, maka tidak terlalu mendapat sorotan dari banyak orang. "Sidangnya sudah berjalan dari bulan November lalu. Kira-kira bulan Januari nanti sudah selesai keputusannya," kata istri Eka Sapta ini.

"Pokoknya, saya menginginkan sertifikat itu ditarik keabsahannya. Soalnya kalau begitu dia banyak omong dimana-mana," tambahnya.

Tindakan Iyeth tersebut didukung sepenuhnya oleh pencipta asli lagu Laksmana Raja di Laoet, yakni Pak Ngah. Kata Iyeth, Pak Ngah merasa keberatan atas terbitnya sertifikat yang memenangkan Nurham Yahya, "Dia mendukung sepenuhnya tindakan saya," ujar wanita berdarah Riau ini.

Iyeth sendiri memutuskan dirinya akan terus menyanyikan lagu Laksmana Raja di Laoet. Lantas bagaimana soal royalty? "Karena dulu ketika saya nyanyikan belum tahu siapa penciptanya, jadi soal royalty belum saya konsep. Namun pada dasarnya Pak Ngah bukanlah orang yang mementingkan royalti. Malahan dia mau kasih saya lagu melayu lagi. Katanya lagu Laksmana itu bagus kalau saya yang menyanyikan," kata Iyeth.

(kl/zee)


REKOMENDASI
TRENDING