Kehilangan Sosok Ayah Setelah Sang Ibunda, Donna Agnesia Ikhlas

Minggu, 02 Oktober 2016 06:30 Penulis: Natanael Sepaya
Kehilangan Sosok Ayah Setelah Sang Ibunda, Donna Agnesia Ikhlas Donna Agnesia © KapanLagi.com/Abbas Aditya

Kapanlagi.com - Suasana duka tentu masih menyelimuti keluarga besar Donna Agnesia. Setelah sang Ibunda, kini ia harus menghadapi kepergian Ayahnya, Edwin Yoseph Wayong. Walau begitu, Donna masih ingat bagaimana sang Ibu berpesan padanya untuk tetap tegar, apapun yang terjadi.

"Sebelum mama meninggal kondisi Papa emang naik turun. Mama malah yang pesan kalau ada apa-apa harus tegar. Tapi ternyata Mama duluan. Waktu Mama nggak ada aku shock karena nggak ada tanda, nggak ada gejala. Kalau ini sedih ada tapi lega karena nemenin sampai detik terakhir. Di rumah sakit lihat angka di mesin makin lama makin kecil, saya sampai bisikin: 'Pa, kita semua di sini. Kalau Papa mau pergi kita udah ikhlas. Salam buat Mama,' " ujar Donna saat ditemui bersama Darius Sinathrya di rumah duka, kawasan BSD, Tangerang, Jawa Barat, Sabtu (1/10).

Donna mengungkapkan kalau ia sempat bingung saat melihat kondisi sang Ayah yang terus menurun setiap harinya. Walau begitu, aktris cantik ini mencoba untuk tegar meski harus kehilangan kedua orang tuanya dalam waktu yang cukup berdekatan.

Ditinggal pergi Ayah dan Ibunya dalam waktu yang cepat, Donna Agnesia tetap tegar © KapanLagi.com Ditinggal pergi Ayah dan Ibunya dalam waktu yang cepat, Donna Agnesia tetap tegar © KapanLagi.com

"Kita yang tiap hari lihat kondisinya makin lama makin drop, sampai ada bingung mau doa apa lihat Papa hidup tapi kondisi kayak gini. Buat aku ini yang terbaik ya, daripada dia menderita terus secara kualitas hidup udah nggak bisa ngapa-ngapain. Udah Konsul sama psikiater juga, nggak enak katanya jadi Papa," aku Donna.

"Nggak mudah juga kehilangan sosok ayah dan kehilangan mama dengan jarak yang dekat. Tapi Tuhan kasih jalan seperti ini ya kita ikhlaskan," tambah Darius.

Karena itu, Donna yang ikhlas merelakan kepergian Ayahnya pun berkumpul dengan keluarga besar untuk proses pemakaman. Rencananya, jenasah Ayah Donna Agnesia akan dikremasi dan abunya dilarung di tempat yang sama seperti sang Bunda.

"Papa saya orangnya nggak terlalu suka apa-apa. Nggak pernah minta apa-apa sama anak anaknya. Kemarin kumpul sama keluarga, dapat masukan dari adik Papa dan keluarga, rencananya akan sama seperti Mama prosesnya. Kremasi, lalu abunya dilarung di tempat yang sama seperti tempat Mama. Mama saya di Pulau Sepa jadi kita larung di sana," pungkasnya.

(kpl/abs/ntn)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho

REKOMENDASI
TRENDING