'Shaun The Sheep' MNC TV Kena Tegur KPI Gara-Gara Adegan Ciuman

Rabu, 16 Agustus 2017 11:15 Penulis: Helmi Romadhon
'Shaun The Sheep' MNC TV Kena Tegur KPI Gara-Gara Adegan Ciuman Shaun The Sheep © The Picture House

Kapanlagi.com - Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI kembali menunjukkan perannya sebagai lembaga regulator penyiaran di Tanah Air. Kali ini, KPI menyoroti tayangan kartun Shaun The Sheep yang ditayangkan di MNC TV.

Seperti yang dilansir dari laman resminya, KPI telah memberikan teguran untuk pihak MNC TV. Bukan tanpa sebab, pasalnya KPI telah mendapati adanya adegan ciuman antara pria dan wanita dalam episode yang tayang pada tanggal 21 Juli 2017 pukul 09.02 WIB.

KPI Pusat telah meninjau dan menilai bahwa adegan tersebut tidak pantas untuk ditayangkan. Oleh karena itulah, Wakil Ketua KPI Pusat, Sujarwanto Rahmat Arifin, telah memberikan surat teguran kepada MNC TV pada Senin (7/8) lalu.

MNC TV kena tekur KPI gara-gara kartun kartun Shaun The Sheep © VultureMNC TV kena tekur KPI gara-gara kartun kartun Shaun The Sheep © Vulture

Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa pihak KPI meminta MNC TV untuk melakukan evaluasi internal agar ke depannya tidak mengulangi kesalahan yang sama. “Kami minta MNC TV menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran,” tandasnya.

Selain dinilai tidak pantas ditayangkan, S. Rahmat Arifin juga mengatakan bahwa tayangan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran KPI tahun 2012 Pasal 14 dan Pasal 16 serta Standar Program Siaran KPI tahun 2012 Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 18 huruf g.

"Berdasarkan pelanggaran tersebut, KPI Pusat memberikan sanksi administratif teguran tertulis," pungkasnya.

Sejauh ini, KPI telah memberikan peringatan kepada sejumlah tayangan pertelevisian Indonesia. Seperti Pesbukers, Sinetron Roman Picisan & Cinta Dari Surga, dan D'Academy.

(kpl/mhr)

Editor:

Helmi Romadhon


REKOMENDASI
TRENDING