SELEBRITI

Tuduhan Eksploitasi Terhadap Gala Sky Terbukti Tidak Benar, Doddy Sudrajat dan Haji Faisal Disarankan Bertemu

Jum'at, 07 Januari 2022 09:40

tuduhan eksploitasi Gala Sky tidak terbukti © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) akhirnya sambangi kediaman anak dari mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Gala Sky. Dari kunjungan itu, Arist Merdeka Sirait selaku ketua Komnas PA pastikan semua tuduhan soal eksploitasi terhadap Gala tidak benar adanya.

Saat ditemui usai kunjungan di kediaman Gala Sky kawasan Srengseng, Jakarta Barat, (6/1) Kamis sore, Arist menyebut baik Doddy maupun Faisal bisa mengajukan permohonan atas perwalian. Hal itu bertujuan agar kedua belah pihak bisa terus memiliki akses untuk merawat Gala Sky Andriansyah.

"Tidak ada alasan untuk tidak mencintai cucunya tapi untuk bertumbuh dan berkembang kemungkinan nanti pak Faisal bisa mengajukan namanya perwalian, bukan pengasuhan ya berbeda," ungkap Arist Merdeka Sirait.

"Kalau perwalian itu tentu tidak menutup akses pada pak Faisal dan pak Doddy sebagai orang yang berbesan. Tentu yang punya tanggung jawab membesarkan adalah lingkungan terdekatnya, pak Faisal dan pak Doddy," lanjutnya.

1. Diminta Bermusyawarah

Selain itu, agar nerita negatif soal perseteruan keluarga Haji Faisal dan Doddy Sudrajat tidak terus melebar, Arist pun menyarankan agar keduanya duduk bersama untuk bermusyawarah. Bahkan, Arist menyebut keluarga Haji Faisal sangat terbuka untuk hal tersebut.

"Untuk tidak menjadi liar persoalan ini ada yang selalu mengatakan a,b,c kami menyarankan untuk duduk bersama untuk membicarakan itu secara eksklusif. Setelah ini, nanti ada pertimbangan dan kondisi bahwa seperti yang saya katakan kepada pak Faisal, terbuka untuk duduk bersama," ujarnya.

2. Demi Kebaikan Gala

Musyawarah sebagai besan menurut Arist harus dilakukan demi kebaikan Gala Sky. Apabila terus berlanjut, tentu akan mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak, ini lah yang bisa dikatakan bentuk eksploitasi.

"Supaya ini tidak menjadi liar, kasian Gala. Karena kalau ini tidak terselesaikan, itu namanya bentuk eksploitasi," tuturnya.

3. Kondisi Terkini Gala

Arist pun menceritakan ketika kunjungannya itu, ia melihat Gala baik-baik saja dan bahagia tumbuh di bawah asuhan keluarga Bibi Andriansyah. Hal itu dibuktikan dari gestur Gala selama kunjungan dan Arist meyakini bahwa apa yang jadi keluhan Doddy Sudrajat tidak pernah terjadi.

"Menurut pengalaman kami, biasanya anak kalau lagi banyak orang, dia bertingkah macam-macam. Menangis atau apa. Nah, ini tidak. Dia malah bercengkerama dengan kami," ungkap Arist Merdeka Sirait.

"Saya menyimpulkan, Gala dalam kondisi baik. Gala bergembira ria dan tidak mengalami kekerasan. Semua disapa oleh Gala," ujarnya.

4. Saran Komnas PA

Setelah mengecek langsung kondisi dari Gala Sky, Komnas PA pun menyimpulkan bahwa Gala dalam kondisi baik di bawah asuhan keluarga Bibi Andriansyah. Oleh karena itu, Komnas PA akhirnya menyarankan agar Gala tetap tinggal di lingkungannya saat ini.

"Biarkan Gala bertumbuh dan berkembang dalam situasi bahagia. Pak Doddy, Pak Faisal dan keluarga harus mendukung ini," ungkap Arist Merdeka Sirait.

5. Dugaan Eksploitasi

Sebelumnya Komnas PA memenuhi janji kepada Doddy Sudrajat untuk melihat langsung bagaimana kondisi Gala Sky Andriansyah di kediaman keluarga Bibi Ardiansyah. Doddy Sudrajat sempat datang ke Komnas PA pada 24 Desember 2021.

Diketahui juga, Doddy saat itu menyampaikan keresahan soal proses pengasuhan Gala yang menurutnya kurang benar bahkan ia menduga ada tindakan eksploitasi terhadap cucunya itu oleh keluarga Bibi Andriansyah.


REKOMENDASI
TRENDING