HOME » KOREA
KOREA

Jual Masker Mahal di Tengah Wabah Corona, SM Entertainment Kena Semprot Netizen

Selasa, 24 Maret 2020 17:45 Penulis: Renisya Satya Putri

© SM Entertainment - Twitter/SMGlobalShop

Kapanlagi.com - SM Entertainment Global Shop dihujani kritik dari netizens karena menjual 5 buah masker KN95 seharga US$ 30 (sekitar Rp 492 ribu). Penjualan ini diunggah di akun Twitter resmi mereka pada tanggal 24 Maret 2020.

Masker KN95 memiliki efisiensi yang sama dengan seri KF94 yang biasa dijual di Korea Selatan. Namun, hal yang memicu cibiran dari netizen adalah harga masker yang terlalu mahal.

Jika harga 5 masker adalah US$ 30 termasuk pajak, maka harga masing-masing masker adalah US$ 6 (sekitar Rp 98 ribu). Padahal, harga normal masker tersebut di pasaran Korea Selatan menurut program pemerintah adalah 2000 won (sekitar Rp 26 ribu).

1. Kritik Netizen

Seperti yang dilansir oleh Koreaboo, harga masker bahkan penjualan masker itu sendiri memicu amarah netizen internasional. Mereka meminta agar SM Entertainment mendonasikan masker-masker tersebut alih-alih menjualnya kepada para penggemar.

"Kirimkan masker-masker ini ke rumah sakit", "Berikan masker-masker ini pada tenaga medis", dan "Donasikan masker-masker ini untuk tenaga medis yang berada di garis depan menghadapi wabah ini" merupakan beberapa komentar yang membanjiri postingan SM Entertainment Global Shop.

2. Permintaan Maaf

Sekitar 2 jam setelah kemunculan postingan pertama yang diikuti amarah netizen, SM Entertainment menghapus item ini dari daftar online shop mereka dan meminta maaf. Mereka berjanji akan mendonasikan seluruh masker yang ada kepada tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit Anak di Los Angeles. Meski awalnya menuai banyak respon, netizen puas dengan keputusan akhir yang diambil oleh SM Entertainment.

"Hai semuanya. Kami akan mendonasikan masker-masker ini kepada para tenaga kerja 'Rumah Sakit Anak Los Angeles' dan menjualnya pada orang-orang yang belum memiliki masker dalam jumlah yang sangat terbatas. Ini adalah tentang kepedulian pada sesama dan juga membantu masyarakat. Kami minta maaf kepada semua pihak yang merasa tidak nyaman," tulis akun SM Entertainment Global Shop dalam postingan klarifikasi mereka.


REKOMENDASI
TRENDING