FILM INDONESIA

Terlibat di Film Pendek 'SEPERTI SEHARUSNYA', Putri Ayudya Bawa Pesan Penting Terkait HIV/AIDS

Jum'at, 02 Desember 2022 13:36

Putri Ayudya - Credit: Istimewa

Kapanlagi.com - Aktris Putri Ayudya terlibat dalam sebuah project film pendek berjudul SEPERTI SEHARUSNYA. Film garapan Aroe Ama ini hadir memperingati Hari AIDS sedunia yang setiap tahunnya jatuh pada 1 Desember.

Dalam film ini Putri berperan sebagai Sukma, istri dari Reza yang diperankan oleh Yama Carlos. Sukma terjangkit HIV/AIDS karena tertular dari suaminya yang punya gaya hidup tak sehat pada masa lalu.

Ini bukan pertama kalinya Putri terlibat dalam kampanye HIV/AIDS. Namun, di dalam karakter Sukma yang diperankannya, Putri melihat sesuatu yang berbeda dari seorang yang terjangkit HIV/AIDS.

"Sukma ini istri dari Reza. Seorang dengan HIV karena tertular dari suaminya. Dia punya pengetahuan soal HIV dan sudah menerimanya, legowo. Dan karakter Sukma ini menurutku hopefull banget," ucap Putri Ayudya saat ditemui di Pacific Place, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (1/12).

1. Sambangi Langung Tempat ODHA

Putri Ayudya sempat berinteraksi dengan lingkungan yang berkaitan dengan HIV/AIDS. Ia menceritakan pengalamannya menyambangi sebuah rumah sakit untuk mengenal lebih dekat Orang Dengan HIV/AIDS atau ODHA.

"Waktu itu punya kesempatan untuk mampir ke tempat ODHA di RS Carolus. Di sana ketemu perawat dan awalnya saya dikira HIV dan saya rasain banget mulai dari lihat ruangannya, mau buka pintu, orang nengok," tutur Putri.

2. Edukasi HIV/AIDS Lewat Film

Dengan hadirnya film pendek ini, Putri berharap makin banyak lagi orang ter-edukasi soal HIV/AIDS. Tidak hanya soal penyakitnya tapi paham juga dan aware tentang hal-hal lain yang menyertainya seperti soal stigma serta pengobatannya.

"Semoga orang makin aware dan peduli soal HIV/AIDS. Lalu jadi tahu soal bagaimana perjuangan penderita ini harus terus menerus minum obat. Dan yang penting stigma soal ODHA hilang. Karena mereka juga punya harapan, keyakinan, serta hati yang lapang seperti kebanyakan orang," harapnya.

3. Penggalangan Dana

Tahun ini, gerakan peduli orang dengan HIV/AIDS itu mempunyai tema Equalize Our Child: Raise the Light of the Future. Selain film, kampanye ini juga menjadi wadah untuk menggalang dana bagi anak dengan HIV.

"Tema ini mengangkat fenomena stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV yang masih terjadi di masyarakat. Semoga gerakan ini bisa mewujudkan masyarakat Indonesia tanpa stigma negatif pada ODHA," tutur Ketua Sekretariat Nasional Jaringan Indonesia Positif, Meirinda Sebayang.

(kpl/pur/ums)

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING