Bebas Bersyarat, Ini Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Robby Abbas

Rabu, 11 Mei 2016 10:45 Penulis: Girindra Permana Cahya
Bebas Bersyarat, Ini Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Robby Abbas Robby Abbas © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Terpidana kasus prostitusi kalangan artis, Robby Abbas bisa menghirup udara bebas. Pria ini dibebas bersyarat setelah menjalani satu tahun masa tahanan di LP Cipinang, Jakarta Timur. Sebenarnya, Robby divonis 1 tahun 4 bulan oleh pengadilan negeri Jakarta Selatan.

Jika dihitung, Robby semestinya masih harus menjalani 4 bulan masa tahanan lagi, tapi kemarin 10 Mei 2016 dirinya sudah bebas. Kuasa hukumnya, Pieter Ell, menjelaskanpun menjelaskan masalah ini.

"SK (Surat Keputusan) dari Menkumham pelaksanaan pembebasan bersyarat. Di Bapas yang mengeksekusi bahwa dia (RA) berada di bawah kontrol Bapas selama 4 bulan (sisa tahanan)," ujar Pieter Ell saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Robby Abbas punya pantangan setelah dibebaskan © KapanLagi.com®Robby Abbas punya pantangan setelah dibebaskan © KapanLagi.com®

Selama 4 bulan itu nanti, mucikari artis itu diwajibkan untuk lapor dan tidak melakukan tindak pidana. Dan ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi Robby, apa aja sih?

"Minimal 1 bulan sekali wajib lapor. Dan selama pembinaan boleh melakukan kegiatan‎. Tapi kalau ada tindak pidana yang dilakukan lagi, hukumannya ditambah dan pembebasan bersyarat tentu batal," papar Pieter Ell.

"Dia tetap beraktifitas seperti kita, tapi syaratnya gak boleh melakukan pelanggaran berupa tindak pidana, tapi nyetir kalau ga ada SIM gakpapa. Paling cuma ditilang, selesai, kalau kejahatan tindak atau pidana tidak boleh," tandasnya.

(kpl/hen/otx)


REKOMENDASI
TRENDING