SELEBRITI

Diwakili Kuasa Hukumnya, Dokter Richard Lee Beri Pembelaan Setelah Ditahan Terkait Kasus Akses Ilegal

Sabtu, 01 Januari 2022 21:15

dr Richard Lee beri pembelaan usai ditahan ©instagram.com/dr.richardlee_official

Kapanlagi.com - Dokter kecantikan Richard Lee telah ditahan Ditreskrimum Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan akses ilegal dan penghilangan barang bukti pada Senin (27/12). Hal itu setelah berkas perkara dinyatakan lengkap sehingga tersangka serta barang bukti segera dilimpahkan dari kepolisian ke kejaksaan.

Kasus dugaan illegal access dan penghilangan barang bukti ini berbeda dengan laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilayangkan artis Kartika Putri kepada Richard Lee pada Desember 2020. Berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, Richard Lee diduga mengakses akun Instagram serta menghilangkan barang bukti yang telah disita dan dijadikan barang bukti atas laporan Kartika Putri.

Sebelumnya, pada Agustus 2021 Richard Lee ditangkap atas kasus tersebut, namun ketika itu, ia tidak ditahan. Empat bulan kemudian, tepatnya akhir Desember ini, polisi lalu melakukan penahanan terhadap Richard Lee terkait kasus yang sama.

1. Apa Kata Kuasa Hukum?

Oleh karena itu, melalui kuasa hukumnya, Razman Nasution memberikan pembelaan atas penahanannya terkait kasus tersebut. Ia mengklaim, bahwa kliennya itu tidak tahu bahwa unggahan yang diunggah ke Facebook bakal dibagikan juga ke akun Instagram miliknya.

"Awal Agustus 2021, bahwa katanya, dia coba posting. Tapi, kemudian ter-posting sendiri, ter-upload sendiri dari Facebook ke Instagram," ungkap Razman saat ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa (28/12).

"Dalam konteks pemikiran dokter Richard yang tidak mengerti hukum, bahwa yang sudah disita, idealnya tidak bisa dibobol," lanjutnya.

 

2. Tak Sengaja Akses Akun Instagram yang Sudah Disita

Selain itu, Razman mengatakan bahwa Richard Lee tak sengaja mengakses akun Instagram miliknya yang sudah disita.

"Tidak adanya unsur kesengajaan dari Dokter Richard Lee untuk membobol, menduplikasi, atau meng-hack Instagram yang sudah disita oleh Cyber Crime Polda Metro," tukasnya.

 

3. Ditangkap Secara Tiba-Tiba

Saat ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa (28/12) Razman mengatakan ini di luar dugaannya. Polisi menahan Richard Lee karena berkas perkara tahap pertama kasus akses ilegal yang menjerat dirinya telah dinyatakan lengkap oleh jaksa atau P21.

"Di luar dugaan terjadi penahanan," ucap Razman

Setelahnya, penyidik pun segera melakukan pelimpahan tahap kedua ke kejaksaan, yaitu tersangka dan barang bukti. Karena hal itu mengharuskan Richard ditahan sampai proses pelimpahan tahap kedua tersebut.

 

4. Ajukan Penangguhan

Selaku kuasa hukum, Razman akan mengajukan surat penangguhan penahanan ke Kejaksaan Tinggi DKI. Ia pun juga menyebut saat penahanan kondisi kliennya dalam keadaan baik.

"Jadi kondisi ini sebenarnya tidak ada yang sensitif," ujar Razman.

 

5. Pahami Kondisi Psikologis

"Hanya saja saya memahami kondisi psikologis dari klien saya, psikologis istrinya," tukasnya.

Sebelumnya, Richard Lee ditangkap pada Rabu siang 11 Agustus 2021 atas dugaan akses ilegal dan penghilangan barang bukti pada akun Instagram yang disita oleh penyidik sebagai barang bukti, Polda Metro Jaya kemudian menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka.

 


REKOMENDASI
TRENDING