Enda Tak Mau Paksakan Anak Dalam Beribadah, Ini Alasannya!

Jum'at, 09 Juni 2017 14:49 Penulis: Cinthya Septavy
Enda Tak Mau Paksakan Anak Dalam Beribadah, Ini Alasannya! Enda Ungu © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Mengajari anak dalam beribadah khususnya mengingatkan adalah tugas dari orangtua. Namun bicara hal yang satu ini, Enda Ungu punya pendapat tersendiri. Baginya keinginan menjalankan ibadah harus muncul atas kehendak pribadi sang anak. Tak heran jika Enda tak pernah memaksa putrinya, Zara Leola, untuk belajar mengaji.

"Kayak ngaji, itu aku enggak nyuruh dia. Mama-Papaku udah marahin aku 'kamu enggak ngajarin anakmu ngaji', ya biar dia cari sendiri (keinginannya). Karena kalau kita cari sendiri, pasti kita akan benar-benar malu sama diri kita sendiri dan akan mulai mencari keinginan tersebut," ujar Enda saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (7/6).

"Akhirnya suatu saat dia ngomong 'Aku mau ngaji dong', karena mungkin dia lihat sepupu-sepupunya udah bisa ngaji. Oke kalau mau ngaji berarti enggak boleh di rumah, karena kalau ustadz nya datang ke rumah dia pasti main-main. Maka dia harus jalan ke masjid karena alhamdulillah rumahku dekat banget sama masjid. Jadi setiap minggu dua kali dia jalan ke masjid untuk ngaji. Biar menikmati lho, kayak masa kita dulu belajar ngaji," imbuhnya.

Tak hanya itu saja, Enda pun juga memberikan pemahaman tentang ibadah puasa kepada Zara bahwa puasa itu hakikatnya tidak mengganggu aktivitas lain karena ditujukan pada Allah. Saat ditanya tentang reward untuk puasa sang anak, Enda kemudian berbagi cerita lucu seperti berikut:

Enda Ungu tak ingin paksakan anak soal ibadah © KapanLagi.com®/Budy SantosoEnda Ungu tak ingin paksakan anak soal ibadah © KapanLagi.com®/Budy Santoso


"Puasa itu enggak ganggu aktivitas. Aku kan selalu ajarin mereka mending enggak usah puasa dibanding kamu puasa tapi mengganggu semuanya. Puasa enggak boleh mengganggu semuanya karena puasa kan buat Allah. Jadi puasa ya harus dilakukan. Kita harus mengenal Allah karena kita harus mengenal siapa yang telah memberikan semua kenikmatan dalam hidup kita. Pasti lah, contohnya kalau puasa full ayah bayar Rp100 ribu sehari atau kalau enggak beli mainan. Eh dia puasa sebulan full, ayahnya bangkrut," ungkap Enda sambil tertawa.

"Aku puasa full dari umur delapan tahun. (Reward) Sekarang karena udah gede udah enggak lagi. Kan udah punya penghasilan sendiri. Pokoknya sekolah enggak boleh diganggu. Dari jam tujuh sampai jam setengah tiga sore itu enggak boleh diganggu. Itu waktu sekolah. Jadi setelah itu boleh lah diselipin kalau waktunya nutup. Tapi kalau sabtu minggu bebas Zara mau ngapain. Biasanya terima job di hari Minggu dan hari Sabtunya syuting tv," tandas pelantun Move It tersebut.

(kpl/aal/cvn)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING