Ini Pesan Femmy Permatasari Untuk Para Wanita Soal Tumor Payudara

Jum'at, 04 November 2016 16:35 Penulis: Girindra Permana Cahya
Ini Pesan Femmy Permatasari Untuk Para Wanita Soal Tumor Payudara Femmy Permatasari

Kapanlagi.com - Awalnya Femmy Permatasari meremehkan benjolan yang muncul di payudara kanannya. Namun, benjolan yang sebesar biji kacang tersebut makin membesar hingga seukuran bakso. Wanita berusia 42 tahun ini pun makin merasakan keanehan ketika benjolan tersebut sangat sakit ketika disentuh.

Beruntung tumor yang tumbuh di dada kanan Femmy bersifat jinak. Jika tidak, ia harus merelakan untuk pengangkatan payudara. Terlebih operasi berhasil dilakukan pada Rabu (2/11) di RS Omni Hospital Alam Sutera. Banyak hikmah yang ia ambil dari masalah ini.

"Saya harus konsumsi makanan sehat. Tumor itu kan bisa tumbuh lagi. Bentuk awalnya emang kecil kayak kacang tanah, tapi bisa jadi segede bakso. Saya enam bulan sekali mesti cek. Jadinya worry kalau ada lagi," tuturnya saat dihubungi awak media pada Jumat (4/11).

Femmy Permatasari akan lebih concern pada makanan yang ia konsumsi © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaFemmy Permatasari akan lebih concern pada makanan yang ia konsumsi © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Sekitar dua tahun lalu ibu beranak tiga ini menyadari ada benjolan yang tumbuh di dadanya. Namun beberapa bulan belakangan ia mulai terganggu dengan hal tersebut dan memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter. Akhirnya, ia diminta untuk menjalani pengangkatan tumor.

Femmy berpesan agar wanita-wanita Indonesia sering mengecek bagian payudara masing-masing. Jika ada benjolan yang muncul ia menyarankan untuk langsung periksa ke dokter.

"Pesan saya untuk wanita Indonesia sering-sering cek payudara, misal saat mandi. Kalau ada jendolan ya langsung diperiksa aja. Tapi lihat dalam 6 bulan atau setahun, ada pertumbuhan atau sebaliknya nggak? Kalau makin besar, ada baiknya konsultasi sama dokter. Karena mau dibuang pas ukuran udah besar, jahitannya besar, agak serem lah. Kalau masih kecil bisa dilaser, bisa hilang bekas operasinya," ujarnya.

(kpl/abs/otx)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING