Lukman Sardi Soroti Anak Muda Yang Sukanya Hanya Baca Headline

Selasa, 15 November 2016 09:15 Penulis: Ahmat Effendi
Lukman Sardi Soroti Anak Muda Yang Sukanya Hanya Baca Headline Lukman Sardi ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Zaman terus berganti, dan saat ini generasi millenial begitu lekat dengan gadget. Jika dulu orang-orang membaca berita dari koran, maka saat ini banyak yang lebih mengandalkan smartphone.

Namun yang kerap menjadi bahasan adalah generasi muda saat ini banyak yang hanya membaca headline tanpa mau tahu tentang detail yang ada. Bagi aktor Lukman Sardi hal ini berawal dari sempat boomingnya sosial media twitter.

"Itu dia yang aku bilang masyarakat terutama anak muda dengan adanya twitter dan dibatasi. Dia terbiasa untuk dibatasi yang pendek-pendek dan tidak berusaha memahami kalau dipanjangin akan seperti apa," ujar Lukman Sardi di CGV Blitz, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (7/11).

Tak jarang muncul perdebatan ketika ada sejumlah pihak yang mengomentari sesuatu, namun ternyata mereka hanya membaca headline. Bagi Lukman Sardi hal seperti itu bisa berbahaya.

Lukman Sardi soroti generasi muda yang kerap bereaksi terhadap judul saja tanpa membaca detail berita. ŠKapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaLukman Sardi soroti generasi muda yang kerap bereaksi terhadap judul saja tanpa membaca detail berita. ŠKapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Kalau ditulis dengan yang terbatas pasti punya makna berbeda. Akhirnya mereka terbiasa dengan baca headline kesannya sudah tahu isinya, padahal headline itu salah satu bentuk promosi atau wartawan ingin ngasih headline yang menarik supaya orang tertarik baca," katanya.

Informasi merupakan hal yang penting untuk disampaikan. Jika informasi terpotong sepenggal-sepenggal atau tak dipahami secara menyeluruh tentu bakal menghadirkan pemahaman yang berbeda satu dengan lainnya.

"Nah yang bahaya kalau ada budaya headline saya hanya baca headline ya tapi tidak baca isinya. Padahal isinya itu belum tentu sama dan mungkin akan lebih banyak sekali yang didapat," tandasnya.

(kpl/aal/sjw)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING