SELEBRITI

MUI Tanggapi Soal Rambut Nabi Muhammad yang Diterima Oleh Opick

Sabtu, 11 Mei 2019 10:09 Penulis: Ayu Srikhandi

Opick © KapanLagi.com/Adrian Utama Putra

Kapanlagi.com - Sejak beberapa waktu belakangan, publik ramai membahas soal kabar Opick menerima rambut Nabi Muhammad. Dalam presscon, Penyanyi Religi ini menjelaskan kalau dia mendapat amanah berupa satu helai rambut Nabi Muhammad dari Pemerintah Turki.

Menanggapi hal itu, banyak yang penasaran apakah benar Opick memang memegang rambut Nabi Muhammad. MUI pun memberikan penjelasan mengenai benda-benda peninggalan Nabi Muhammad.

 

 

1. Disimpan di Museum

Dari penjelasan Masduki Baidlowi, diketahui jika peninggalan barang atau bagian tubuh Nabi Muhammad seperti rambut, kuku, serta darah bekam disimpan di museum yang terletak di Turki. Pemerintah Turki lah yang memang mengurus benda-benar peninggalan tersebut.

"Iya, disimpan di museum di Turki, salah satunya di museum Istanbul di Topkapi, salah satunya lagi, sebuah tempat namanya Konya. Konya itu tempat ziarah umat Islam ke tokoh sufi besar namanya Jalaluddin Rumi. Itu juga ada beberapa benda yang dikaitkan dengan Nabi, dipercaya seperti itu. Disimpan oleh pemerintahan Turki, ditaruh di dekat kuburannya sufi besar Jalaluddin Rumi," jelas Masduki Baidlowi, Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi, saat dihubungi via telepon Jumat (10/5).

2. Tak Dimiliki Perseorangan

Sepengetahuan Masduki Baidlowi, benda-benda peninggalan Nabi Muhammad belum pernah dimiliki oleh perseorangan. Karena itu lah perlu sekalali diketahui dari mana asal-usulnya jika memang Opick menerima rambut milik Nabi Muhammad

"Saya ngga pernah denger, baru kali ini dapet pertanyaan dari sampean itu. Makanya saya bilang, ini bener nggak, silsilahnya seperti apa. Silsilah itu kalo dalam ilmu hadis itu, ini dari siapa, misal saya dapat dari kamu, kamu dapet dari mbahmu, mbahmu dari siapa, sampai ke atas. Ada jelas asal-usulnya. Sekarang Opick itu dapat dari mana? Sekarang kalo kita percaya dia ya terserah. Kalo Opicknya percaya ya biarin aja dia percaya," tutur Masduki Baidlowi.

3. Mengaku Tak Tahu Menahu

Masduki Baidlowi sendiri mengaku juga tidak tahu bagaimana asal-usul sehelai rambut Nabi Muhammad yang dimiliki oleh Opick, "Ya nggak tahu, tanyakan ke Opick, Opicknya yang tahu."


REKOMENDASI
TRENDING