SELEBRITI

Pihak Kuasa Hukum Sesalkan Pihak JPU Belum Bawa Tio Pakusadewo Rehabilitasi

Selasa, 20 Oktober 2020 22:15

Tio Pakusadewo / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta telah mengeluarkan hasil bahwa Tio Pakusadewo harus menjalani rehabilitasi medis di panti rehabilitasi. Namun, penyidik dan jaksa penuntut umum (JPU) masih belum membawanya untuk direhabilitasi.

Santrawan Paparang selaku kuasa hukum Tio Pakusadewo menyesalkan hal tersebut. Hingga kini kliennya masih menjadi tahanan di Polda Metro Jaya, padahal hasil BNNP DKI Jakarta berdasarkan asesmen sudah keluar dari Mei 2020.

"Pada prinsipnya, isi asesmen kita pun berisi seperti itu, kami meminta klien kami (Tio Pakusadewo) dipindahkan ke panti rehab. Sampai detik ini juga belum dilakukan penyidik dan jaksa (merehabilitasi Tio Pakusadewo)," ucap Santrawan Paparang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (20/10).

"Padahal BNNP DKI Jakarta sudah mengeluarkan hasil merekomendasikan Mas Tio untuk mendapatkan perawatan atau rehabilitasi medis," katanya menambahkan.

1. Tidak Menampik Tio Pakusadewo Sebagai Pengguna Narkoba

Kendati demikian, Santrawan tak menyangkal kalau kliennya merupakan pemakai selama 10 tahun ini. Namun hal tersebut bukanlah sebuah alasan hingga membuat kliennya tak mendapatkan hak untuk direhabilitasi.

"Kami tidak lari dari kenyataan kalau memang benar, Tio adalah pengguna. Tapi, karena sudah 10 tahun ini, ia merupakan pengguna akut yang memiliki hak untuk direhab," jelasnya.

2. Perjuangkan Hak Tio Pakusadewo

Yang terus diperjuangkan Santrawan Paparang saat ini adalah dengan terus berkoordinasi dengan BNNP DKI Jakarta dan penyidik Polda Metro Jaya.

"Selain perintah UU, Mas Tio berhak mendapatkan haknya yaitu mendapatkan rehabilitasi medis dan sosial di panti rehab," tutup Santrawan Paparang.


REKOMENDASI
TRENDING