SELEBRITI

Selain Indira Kalistha, Berikut 4 Youtuber yang Pernah Jadi Sorotan di Awal Tahun 2020

Rabu, 20 Mei 2020 12:55 Penulis: Dita Tamara

Dinda Shafa, Ferdian Paleka, Indira Kalistha (credit: instagram.com/dindasafay; credit: instagram.com/ferdian.paalekka; credit: instagram.com/indirakalistha)

Kapanlagi.com - Tahun 2020 kali ini penuh diwarnai kontroversi para youtuber tanah air. Kali ini bukan soal prestasi yang membanggakan. Namun, deretan youtuber kali ini dipenuhi kasus viral yang menuai hujatan. Terbaru ini, kasus Indira Kalistha menjadi trending topik di berbagai media sosial. Hal tersebut lantaran dirinya meremehkan virus corona dan banyak dibully oleh warganet.

Jika menengok kebelakang, kasus youtuber viral di tahun 2020 ini bukan hanya dirinya saja. Namun, ada beberapa youtuber pernah viral akibat hujatan aksi mereka yang kurang terpuji. Lalu siapa saja mereka? Berikut ini Kapanlagi.com telah merangkum deretan youtuber yang pernah viral di tahun 2020.

 

1. Dinda Shafa

Warganet sempat dibikin geram dengan tingkah Dinda Shafa. Selebgram tersebut berhasil mengundang perhatian publik lantaran konten videonya pada April lalu viral. Di tengah pandemi virus corona covid-19, Dinda mengupload konten yang berisi cara membuat hand sanitizer di rumah sendiri itu dianggap tidak sesuai dengan anjuran WHO. Bahkan informasi yang disampaikan juga keliru dapat membahayakan masyarakat jika diterima dan disebarluaskan.

2. Ria Ricis

Selanjutnya, potret youtuber yang sempat viral yakni Ria Ricis. Sebelumnya, adik dari Oki Setiana Dewi ini dihujat lantaran di tengah pandemi corona, dirinya bersama tim tetap melakukan kegiatan syuting. Lantas, beberapa tetangga rumahnya terganggu dengan kegiatan yang dilakukan perempuan dengan sebutan Ricis itu.

Akibat perbuatannya, Ricis mendapat kecaman dari berbagai pihak lantaran pemerintah menganjurkan social distancing dan larangan berkerumunan untuk menghindari penularan. Sebagai youtuber wanita dengan subscriber tertinggi, dirinya justru tidak memberikan contoh yang baik. Meskipun setelah itu Ria langsung memberikan klarifikasi dan permohonan maaf.

3. Hasan Jr

Menjadi seorang youtuber selalu tidak bisa lepas dari sorotan. Bahkan, segala tingkah laku akan menjadi konsumsi publik. Apabila tidak berhati-hati, tentu saja hal ini bisa menjadi boomerang baginya. Seperti youtuber Hasan Jr yang sempat viral lantaran mengajak orang batal berpuasa.

Memasuki bulan suci Ramadhan, pemilik akun youtube hasanjr11 membuat geger lantaran mengiming-imingi uang 10 juta untuk mengajak orang batal puasa. Akibatnya, dia banyak diserang oleh warga net akibat perilakunya tersebut dan dirinya pun langsung meminta maaf.

4. Ferdian Paleka

Nama Ferdian Paleka mulai dikenal luas ketika mengunggah konten prank sembako sampah. Ia bersama temannya membagikan kardus berisi sampah kepada waria. Bahkan, proses membagikan sembako tersebut diabadikan oleh Ferdian, dan konten videonya diunggahnya. Para waria yang menjadi korban prank Ferdian Paleka melaporkan YouTuber itu ke Polrestabes Bandung.

Akibatnya, warganet pun dibuat geram dengan aksi prank Ferdian Paleka. Setelah sempat menghilang dan akhirnya ditemukan, Ferdian dan rekannya pun dikenakan pasal berlapis, yakni Pasal 45 ayat 3 huruf e, Pasal 36 dan Pasal 51 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ia diancam hukuman 12 tahun penjara.

5. Indira Kalistha

Baru-baru ini dunia maya dihebohkan oleh Youtuber, Indira Kalistha. Dirinya ramai dihujat lantaran komentarnya dianggap meremehkan virus corona. Hal tersebut ia sampaikan saat diwawancarai di channel youtubenya Gritte Agatha.

Dalam video tersebut Indira mengatakan bahwa ia tidak takut virus corona. Bahkan istri dari Gustaf Sailendra, juga enggan mematuhi imbauan untuk memakai masker. Dirinya juga tidak mematuhi anjuran untuk sering mencuci tangan setelah memegang benda di sekelilingnya. Sontak, pernyataan tersebut mendapat kritik pedas dari warganet.

Itulah deretan youtuber yang pernah viral di tahun 2020. Kira-kira siapa youtuber yang paling memancing emosi?


REKOMENDASI
TRENDING