SELEBRITI

Ustaz Arifin Ilham Meninggal, Banyak Non Muslim Datang Ikut Mendoakan

Selasa, 28 Mei 2019 08:45 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Alvin Faiz dan keluarga © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Kepergian ustaz Arifin Ilham memang meninggalkan luka yang mendalam. Tak hanya para keluarga namun juga semua yang menyayanginya. Kita tahu jika ustaz kondang ini cinta damai, tak heran jika dirinya begitu menghargai perbedaan.

Seperti yang ingat oleh sang anak, Muhammad Alvin Faiz mengenai nasehat sang ayah, "Kalo hati kita kotor yang keluar dari mulut kita itu kotor. Kalo hati kita bersih yang keluar dari mulut kita itu bersih". Itulah salah satu nesehatnya mengenai politik.

Sebuah momen yang tak terlupa juga diceritakan oleh Alvin, saat ustaz Arifin Ilham meninggal ketika itu banyak masyarakat non muslim berdatangan. Mereka datang turut mendoakan sang ustaz.

1. Sama-Sama Berdoa

"Seperti yang saya bilang tidak semua keluarga istri saya muslim, ketika Abi wafat, yang muslim dan yang non-muslim pun dateng. Ketika salat mayat kan dua kali, total di sini 3 kali. Salat mayit pertama itu ulama-ulama semua di rumah. Dan itu ketika kita membentuk shaf salat mayit, yang non-muslim kan memisahkan diri ya. Mereka mengeluarkan kalung salib mereka untuk mendoakan masing-masing," ungkap Muhammad Alvin Faiz di Pondok Pesantren Az Zikra Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Senin (27/5).

Mereka pun turut berdoa sesuai dengan agamanya. Alvin pun takjub kala itu, betapa sang ayah dicintai banyak orang dari berbagai kalangan dan agama.

2. Sebuah Keberagaman

Menjadi sebuah pelajaran hidup, bahwa perbedaan dan keberagaman bukanlah masalah. Itulah yang selalu diajarkan oleh ustaz Arifin Ilham. Bukan menghina namun saling merangkul.

"Itu kan di sana jamaah melihat, kita mencontohkan kalo Abi ini justru mengajarkan hidup di Indonesia dengan keberagaman, buat apa perbedaan saling menghina. Jaga mulut lah, kalo ada yang beda lebih baik kita doakan dibanding menghina," tutup Alvin.

(kpl/apt/gen)


REKOMENDASI
TRENDING