Ini Beda 'Ksatria Pandawa 5' Dengan 'Mahabharata'

Jum'at, 08 Agustus 2014 12:37 Penulis: Wulan Noviarina
Ini Beda 'Ksatria Pandawa 5' Dengan 'Mahabharata' @KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Hadirnya KSATRIA PANDAWA 5 di televisi Indonesia membuat banyak orang bertanya-tanya. Apakah ceritanya akan sama dengan MAHABHARATA versi India yang saat ini juga tayang di Indonesia?

Menurut Ferry Fernandez selaku produser KSATRIA PANDAWA 5, cerita yang mereka angkat berbeda dengan MAHABHARATA versi India. Karena di dalam serial ini, mereka mengambil kisah Pandawa Lima versi Jawa.

"Ada karakter versi Jawa. Seperti Bambang Kalaya, Petruk, Gareng dan Gatot Kaca. Sayang banget kalau itunya nggak diangkat. Kita berani fight, ini versi Jawanya," ujar Ferry saat ditemui awak media belum lama ini.

Pandawa Lima versi pewayangan Indonesia memang mengenal sosok punokawan. Ada Gareng, Semar, Petruk dan Bagong. Mereka adalah pengikut para ksatria Pandawa Lima yang bisa jadi penasihat nonformal bagi para ksatria.

Punokawan tidak ada di dalam kisah Mahabharata versi India, karena ini memang serapan Mahabharata di tanah Jawa. Bila mengacu dari keterangan Ferry, seharusnya juga akan ada perbedaan di sisi kisah asmara Arjuna.

"Yang menarik di sini memang romannya. Wayang Indonesia dan India banyak beda," ujar Ferry tanpa menjelaskan lebih lanjut agar para penonton penasaran.

Wah, bakal seperti apa ya? Kita tunggu saja penayangannya tak lama lagi.

(kpl/aal/phi)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING