in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Makin Panas, Irwan DA Beber Kronologi Perselisihan dengan Dyrga Dadali

Selasa, 19 Februari 2019 21:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Dyrga Dadali dan Irwan DA ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Perseteruan antara Irwan DA dan Dyrga Dadali semakin memanas. Masalah tudingan meniru gaya bernyanyi yang ditudingkan Dyrga kepada Irwan akhirnya membuat pedangdut jebolan D'Academy ini buka suara.

Kepada KapanLagi.com, Irwan mengaku dirinya pun bingung kenapa videonya bisa tersebar sampai ke Dyrga. Sementara video yang membuat Dyrga murka itu diambil sekitar tiga tahun lalu.

"Video itu kalau nggak salah diambil tahun 2016 di daerah Cirebon atau Bandung atau Jogja gitu. Saat itu saya lagi manggung dengan Rizky Ridho. Tiba-tiba video itu bisa sampai ke Dyrga. Saya nggak tahu," ujarnya ketika dihubungi, Selasa (19/2).

1. Kaget Tahu Tuduhan Dyrga

Tudingan plagiat gaya bernyanyi yang disampaikan Dyrga membuat Irwan terkejut. Dengan fakta bahwa ia adalah penyanyi dangdut, sulit bagi Irwan untuk menirukan gaya dan suara Dyrga kala bernyanyi.

"Kaget dong. Kok bisa dia bilang saya niru-niruin gaya dan suara dia. Sedangkan gaya saya yang pertama jelas berbeda adalah saya bergaya dangdut. Saat itu juga saya sedang pakai batik warna pink. Saya juga nyanyi lagu dia yang sudah diubah ke koplo. Kalau saya niruin suara dia, otomatis saya nggak akan menyanyikan cengkok Melayu di ending (nyanyi). Kan di lagu Dadali nggak ada cengkok Melayunya," ujar Irwan.

"Saya berontak dong , saya bernyanyi dengan karakter saya dan spontanitas saya, bukan karena saya berpatokan dengan penyanyi aslinya, meskipun toh harus sama di pertamanya, mungkin diselanjutnya beda. Yah nggak perlu saya menjelaskan banyak, biar orang yang menilai suara dan karakter Iwan bernyanyi bagaimana. Yang jelas Irwan nggak mau meniru-niru gaya si Dyrga itu," tegas Irwan.

2. Alasan Irwan Balas Sindiran Dyrga

Bukan tanpa alasan mengapa Irwan membalas sindiran Dyrga lewat media sosial. Lewat tulisan yang panjang, ia berusaha memberikan klarifikasi dan membela diri dari tuduhan yang tidak berdasar itu.

"Irwan ingin bertahan, membenarkan, semacam melindungi diri. Klarifikasi yang sebenarnya, bahwasanya Irwan nggak sama sekali untuk mirip-miripin dia," tukasnya.

Irwan pun menyayangkan pernyataan Dyrga, yang sudah merambat ke aplikasi Bigo yang ia bawakan. Semula ia adalah official host dan kontennya adalah bernyanyi. Namun masalah ini membuat Irwan harus meminta izin dari Dadali dan Dyrga untuk membawakan lagu mereka.

"Dia bilang kalau saya menyanyi tanpa seizin dia. Padahal waktu itu saya bikin video seru-seruan saja yang backsoundnya dari lagu Dadali dan itu saya nggak nyanyi. Itu juga kan dilakukan banyak orang. Tapi dia (Dyrga) malah mikirnya saya bikin semi video klip yang harus mendapat izin terlebih dulu darinya. Pokoknya ada aja alasan dari dia untuk menyalahkan saya. Sampai dia bilang, Irwan terlalu banyak mau mengambil lagu, memiliki lagu dia (Dyrga). Ini kan lucu, siapa yang mau ngambil lagu dia. Saya juga punya lagu sendiri kok," tukasnya.

(kpl/dan/phi)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING