'TURAH' Dikirimkan ke Oscar, Sutradara Senang Sekaligus Kaget

Rabu, 20 September 2017 14:11 Penulis: Mahardi Eka
'TURAH' Dikirimkan ke Oscar, Sutradara Senang Sekaligus Kaget Fourcolors Films

Kapanlagi.com - Sutradara film TURAH, Wicaksono Wisnu Legowo tidak menyangka bahwa film bahasa Ngapak yang digarapnya tersebut dipilih sebagai perwakilan Indonesia dalam kategori Best Foreign Films ajang Oscar 2018. Mas Wicak, begitu ia akrab disapa, mengutarakan bahwa ia mulanya hanya berharap filmnya itu rampung dan bisa ditonton. Itu saja.

"Dulu pas bikin TURAH aku mikir yang penting jadi, tapi makin ke sini makin banyak apresiasi. Aku jadi kayak, nggak ngerti cara ngadepinnya. Karena awalnya dulu yang penting filmnya selesai, itu aja," ujar Wicak saat dihubungi melalui telepon oleh KapanLagi.com®, Selasa (19/09).

Wicak tidak menyangka bahwa filmnya bisa terus dibahas hingga saat ini. Sudah hampir setahun TURAH digarap dan apresiasi akan film ini masih terus bermunculan. "Dari 2016 akhir, terus masuk festival, terus baru masuk di bioskop bulan Agustus meski hanya bertahan 2 minggu, terus turun bioskop, lalu dipercaya untuk mewakili ini (Oscars)," cerita Wicak.

Padahal saat dirilis, TURAH hanya mendapat jatah untuk tayang reguler di lima sampai enam bioskop. TURAH kemudian ditayangkan di jaringan bioskop lain seperti Platinum, CGV yang jika ditotal, jumlah layar yang menayangkan TURAH di 16 layar bioskop. "Tadinya TURAH bertemu penonton di ruang festival, ternyata bisa masuk di ruang yang lebih besar lagi, bertemu penonton baru, seru sih," ujarnya. 

Lebih jauh lagi, Wicak menuturkan bahwa filmnya ini tidak ia sangka masuk dalam festival-festival film. Semua serba mengejutkan baginya. "Aku tuh 2014 disuruh mas Ifa Isfanysah, produsernya, untuk bikin film pertama. Terus 2016 bikin skenario, dan 2 jam kemudian setelah mas Ifa baca hasil akhirnya, dia langsung mau bikin film ini. Dia serahin semua sama aku dari sisi skrip dan Mas Ifa yang mengarahkan film ini akan dibawa ke mana," paparnya.  

Selama dirilis, TURAH telah ditonton sebanyak lima ribu penonton. Hal tersebut makin menyemangati Wicak untuk membuat karya baru. "Sudah ada planning bikin film lagi sih," bocornya. Kita tunggu saja ya KLovers, seperti apa nanti film baru Wicak. Dan selamat untuk dipilihnya TURAH ke ajang Oscar. 

(kpl/abs/dka)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING