FILM INTERNASIONAL

5 Film Animasi Disney yang Diangkat Jadi Live Action dan Wajib Kalian Tonton

Jum'at, 09 Juli 2021 11:52 Penulis: Editor KapanLagi.com

www.imdb.com/title/tt3228774/

Kapanlagi.com - Banyak dari produser film kini berlomba-lomba untuk me-remake sebuah karya yang sudah ada terlebih dahulu. Salah satunya adalah dalam bentuk film live action. Film live action sering kali dianggap remeh oleh penggemar karya asli dikarenakan film animasi memiliki berbagai macam efek yang sulit untuk direka ulang dalam film live action.

Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, film live action yang tidak kalah keren dari karya aslinyapun membuat orang-orang makin tertarik untuk menontonnya. Adaptasi live action sering mendapat pujian terkait akting yang menawan dari para aktornya maupun CGI yang dipakai di filmnya. Beberapa adaptasi live action-pun dinilai tidak kalah keren dari film animasinya.

Disney adalah salah satu perusahaan animasi terbesar yang kini tengah secara giat meluncurkan adaptasi live action dari film-film animasi terdahulunya. Menghadirkan tokoh-tokoh ikonik dalam format baru, tentu Disney tidak main-main dengan adaptasi live action yang dibuatnya. Berikut merupakan beberapa contoh adaptasi live action yang telah sukses dibuat oleh Disney.

 

 

 

 

1. MALEFICENT

MALEFICENT merupakan adaptasi dari film animasi yang sebelumnya telah dibuat oleh Disney, yaitu SLEEPING BEAUTY. Film ini menceritakan kisah dari sudut pandang si antagonis, Maleficent, dalam film tersebut. Menggaet aktris top Angelina Jolie, live action dari film MALEFICENT berhasil menuai antusias yang besar dari berbagai kalangan terutama para penggemar film Disney.

Kurang dari sebulan penayangan, film MALEFICENT berhasil meraup $ 175.500.000 pada akhir pekan setelah perilisannya. Film ini juga tercatat sebagai nomor tiga dalam film yang berhasil memperoleh pendapatan lebih dari $ 600.000.000 di box office pada tahun 2014. Kesuksesan inilah yang membawa sekuel yang berjudul MALEFICENT MISTRESS OF EVIL hadir pada tahun 2019.

 

2. CINDERELLA

CINDERELLA merupakan salah satu tokoh ikonik Disney yang juga mendapatkan adaptasi Live Actionnya pada tahun 2015. Film ini diadaptasi dari film dengan judul yang sama dengan film animasi tahun yang dirilis pada tahun 1950, CINDERELLA. Mengisahkan tentang kehidupan gadis muda yang mengalami kemalangan setelah kepergian ayahnya, aktris Lily James dipercaya untuk memerankan Cinderella.

Film Live action CINDERELLA kali pertama dirilis pada 13 Februari 2015 di Berlin International Film Festival ke-35. Film live action CINDERELLA mendapat banyak review positif pada penayangannya. Film ini medapatkan 83% tomatometer pada situs rottentomatoes.com. Film live action CINDERELLA mendapat kesuksesan besar dengan mendulang pendapatan sebesar 542,4 juta USD dengan produksi yang memakan budget sebesar 95 juta USD.

 

3. BEAUTY AND THE BEAST

Belle merupakan Disney Princess selanjutnya yang mendapatkan adaptasi live action-nya sendiri. Adaptasi dari film animasi berjudul BEAUTY AND THE BEAST yang menceritakan kisah seorang gadis muda dan seorang pangeran yang dikutuk itu lagi-lagi berhasil menarik perhatian seluruh penggemar film Disney. Ditambah dengan peran Belle yang jatuh pada aktris Emma Watson semakin menambah antusias para penggemar film Disney.

Namun sangat disayangkan bahwa film adaptasi BEAUTY AND THE BEAST tidak sesukses adaptasi-adaptasi sebelumnya. Banyak dari penonton yang mengeluhkan soal CGI yang dipakai dalam film tersebut. Beberapa juga merasa kecewa dengan akting sang tokoh utama yang dianggap terlalu kaku. Film ini juga sempat menuai kontroversi pada penayangannya dikarenakan kemunculan karakter gay pada adaptasi kali ini. Beberapa kalangan penonton menganggap bahwa hal tersebut tidak seharusnya ditambahkan, namun sebagian lainnya menganggap bahwa ini adalah sebuah kemajuan dalam industri perfilman dimana mereka menunjukkan support terhadap komunitas LGBTQ+.

 

4. ALADDIN

Adaptasi live action ALADDIN bisa dibilang sebagai salah satu adaptasi live action paling sukses milik Disney. Film ini berhasil menggaet lebih banyak penggemar dengan cerita rakyat asal Timur Tengah yang merupakan bagian dari kisah Seribu Satu Malam. Film ALADDIN menceritakan kisah seorang pemuda yang bertemu dengan seorang jin yang dapat mengabulkan permintaan bernama Genie setelah menemukan sebuah lampu ajaib. Ia juga bertemu dan jatuh cinta pada Putri Jasmine yang merupakan putri dari Sultan Agrabah.

Adaptasi animasi dari ALADDIN terkenal dengan segala kemeriahannya beserta lagu-lagu ikonik yang menemani sepanjang perjalanan Aladdin. Adaptasi live action­-nyapun juga dipenuhi dengan kemeriahan, terutama dari para pemeran utama yang digaet yaitu Mena Massoud sebagai Aladdin, Naomi Scott sebagai Putri Jasmine, dan Will Smith sebagai Genie. Soundtrack dari film ini juga melejit dengan banyaknya cover dari lagu A Whole New World dan Speechless yang banyak diunggah di media sosial. Film yang dirilis pada bulan Mei 2019 ini meraup keuntungan lebih dari 1 miliar USD dalam dua bulan penayangannya. Menjadikan film live action ALADDIN sebagai film ke-41 dengan keuntungan di atas 1 miliar USD.

 

5. CRUELLA

CRUELLA merupakan film live action terbaru dari Disney yang resmi dirilis pada bulan Mei 2021 kemarin. Cruella merupakan nama yang tidak asing bagi penggemar Disney. Dia merupakan tokoh antagonis dalam film 101 DALMATIANS yang ikonik dengan rambutnya yang terbelah dengan warna hitam dan putih. Cruella sendiri diperankan oleh aktris Emma Stone yang pernah menyandang predikat aktris dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2017.

Mirip dengan film MALEFICENT yang menceritakan kisah dari sudut pandang si antagonis, adaptasi film CRUELLA juga mendapatkan antusiasme yang cukup baik dari masyarakat mengingat kesuksesan film MALEFICENT. Dirilis dalam situasi pandemi, CRUELLA keluar dalam format teatrikal dan streaming yang dapat diakses melalui platform streaming Disney+.

Nah, film animasi apa lagi yang KLovers harapkan untuk dibuat adaptasi live action oleh Disney? Tuliskan jawaban kalian di kolom komentar ya!

Berita ini ditulis oleh: Salmaa Fadh

 

 

 

 


REKOMENDASI
TRENDING