SELEBRITI

Jakarta Bakal PSBB Lagi, Hotman Paris: Melanggar Protokol Ditahan Atau Denda Tiga Juta!

Sabtu, 12 September 2020 12:17 Penulis: Canda Dian Permana

Hotman Paris © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Mulai Senin besok (14/9/2020) Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar fase kedua. Hal itu dilakukan berkaitan dengan melonjaknya angka kasus Covid-19.

Pengacara kondang Hotman Paris menghimbau pemerintah agar lebih tegas kali ini bila ingin menekan laju penyebaran virus. Bila perlu pelanggar protokol kesehatan diberi sanksi tegas seperti diterapkan negara-negara yang berhasil memperkecil angka penyebaran.

"Saya tetap menganut prinsip sanksinya harus lebih keras. Saya tidak setuju orang tidak menggunakan masker hanya disuruh dansa atau membersihkan got, itu tidak akan membuat orang jera. Di Singapore orang yang melanggar kena 300 dollar. Dan itu tidak ada kolusi, langsung kena 300 dollar. Itali yang paling parah (penyebarannya) akhirnya di lockdown total. Dan setiap orang yang keluar rumah langsung masuk penjara," kata Hotman ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020).

1. Tegas Bikin Cepat Selesai

Sanski pelanggaran berupa denda atau ditahan tentu bakal memberatkan, terlebih bagi masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah. Namun justru hal tersebut akan membuat mereka patuh.

"Saya lebih setuju kalau memang benar melanggar protokol kesehatan, kasih ke kepolisian untuk menahan. Tapi kalau nggak pakai masker bikin seperti Singapore denda tiga juta rupiah. Semua juga berpengaruh, semakin lama perekonomian semakin lebih sulit. Lebih baik kita tegas, jadi lebih cepat selesai," tegas Hotman.

2. Makanan Dari Luar Disemprot

Hotman Paris sendiri sejak Maret hanya menerima pekerjaan dari rumah. Selama di rumah ia sangat menjaga diri, contohnya ketika mendapat kiriman makanan dari luar langsung disemprot.

"Karena saya kebanyakan bekerja di rumah, sekarang kiriman makanan dari luar juga harus saya semprot. Jadi memang sangat memakan biaya yang besar. Tapi itu saya lakukan untuk kesehatan tentunya," tandasnya.


REKOMENDASI
TRENDING