Soa Karakter Suaranya Ketika Siaran, Begini Komentar Nycta Gina

Jum'at, 09 Juni 2017 17:15 Penulis: Natanael Sepaya
Soa Karakter Suaranya Ketika Siaran, Begini Komentar Nycta Gina Nycta Gina © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Selain kesibukannya sebagai seorang Istri dan Ibu, Rizna Nycta Gina juga punya beberapa kegiatan lain seperti dubber dan menjadi penyiar radio. Meski memiliki jadwal yang cukup padat, nyatanya Nycta Gina sendiri tetap mampu melakukan tanggung jawabnya sebagai seorang penyiar.

"Tetap (siaran). Biasanya dari jam 6 sampe 7, biasa stamina masih oke. Jam 8 sampai 10 sudah mulai kritis ya. Kritis di tenggorokan, di mata, di otak, semuanya. Cuman ya untungnya kita kerja dalam satu tim, jadi kalau satu udah mulai goyah, bisa saling back up dan suasana di ruang siaran tetap dibuat seceria mungkin, jadi kita tetap harus berusaha tetap on," ujarnya saat ditemui di hotel Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2017).

Namun tentu saja bukan hal yang mudah untuk menjadi seorang penyiar radio dan dubber yang selalu mengubah karakter suaranya. Beruntung, aktris 32 tahun ini sama sekali tidak pernah bermasalah ketika menempatkan dirinya sebagai seorang dubber dengan karakter suara yang berubah-ubah dan kemudian menjadi penyiar radio.

Nycta Gina, tetap menikmati rutinitasnya sebagai penyiar radio dan dubber © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaNycta Gina, tetap menikmati rutinitasnya sebagai penyiar radio dan dubber © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Kalau ke siaran sih enggak (sampai terbawa karakter vokal dubber) ya, kalau suara ya kayak gini aja dibawa terus. Kalau aku (dubbing) pasti karakternya suaranya mirip-mirip kayak suara aku. Cuma kesulitan yang aku hadapi, ya seperti tadi, dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Kadang-kadang diterjemahinnya ke Indonesia jadi kepanjangan. Jadi nggak pas gerak mulutnya. Misalnya si karakternya cuma satu suku kata like, sedangkan bahasa indonesianya suka, gitu kan ada perbedaan durasi yang gitu-gitu yang bikin agak perlu keahlian lebih gitu," lanjutnya.

Sedangkan untuk soal karakter suaranya yang unik, Nycta Gina sendiri merasa tetap nyaman dan percaya diri. Bahkan, ia juga tidak mempermasalahkan jika karakter suaranya yang unik itu ditertawakan oleh orang lain.

"Kayaknya aku sudah biasa ya kalau kayak ditanyain, 'suaranya asli begitu?' atau kalau diketawain atau gimana kayak udah biasa aja.  Karena suara ini pada akhirnya jadi anugerah," pungkasnya.

(kpl/far/ntn)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING