SELEBRITI

Terancam Hukuman Mati, Sidang Zul Zivilia Ditunda Sampai 49 Hari

Selasa, 03 Desember 2019 14:05 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Zul Zivilia © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sidang pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Zul Zivilia kembali ditunda, Senin (2/12). Enam sidang dengan agenda yang sama, sebelumnya juga ditunda. Alasan penundaan pun masih sama yakni jaksa yang belum siap membacakan surat tuntutan. Bila dihitung, 49 hari sidang mengalami penundaan.

Permohonan penundaan dari jaksa membuat majelis hakim resah. Sebab, ada batas waktu penahanan untuk terdakwa. Hakim khawatir jika sidang lewat hingga 10 Januari 2020, para terdakwa bisa keluar dari tahanan demi hukum.

1. Ada Sanksi Jika Sidang Terus Ditunda

Belum lagi ada batas waktu penyelesaian perkara berdasar Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 2 Tahun 2014. "Kami dibatasi dengan SEMA yang 5 bulan harus selesai, dibatasi pula peradilan cepat, sederhana, biaya ringan," ujar Tiarest SH, MH, Hakim yang memimpin sidang, Senin (2/12).

Ia pun berkeluh kesah, khawatir akan kena sanksi gara-gara sidang yang terus ditunda. "Dan mungkin kami juga kalau ini atasan tahu, kami juga bisa diperiksa ini. Hakimnya dipanggil di PT (Pengadilan Tinggi). 'Hakim serius enggak ini menggelar perkara ini?'," ujarnya.

2. Sebelum Tahun Baru Sudah Putusan Sidang

Belum lagi, masih kata Tiarest, majelis Hakim sudah mengambil cuti liburan akhir tahun. Oleh sebab itu, ia meminta jaksa agar mempercepat surat tuntutan agar perkara bisa diputus tepat pada 23 Desember 2019.

"Tanggal 23 (Desember) sampai ke atas itu Hakim langsung cuti, masuknya tanggal 2 (Januari). terakhir bulan ini nih harus putus.. dan ini harus putus, prediksinya sidang 9, 16, 23, cuma 2 kali persidangan lagi normalnya. Jadi perhitungan kita cuma tinggal 3 kali persidangan lagi.. tolong pak jaksa.. apapun ceritanya tanggal 23 ini harus putus," ujar Tiarest.

Mendengar penjelasan hakim, Jaksa Penuntut Umum yang diketahui bernama Rachman Rajasa hanya tertunduk. Ia tak berani menatap hakim. Sidang pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Zul Zivilia dan komplotannya, rencananya kembali digelar pada Senin depan, 9 Desember 2019.

3. Siap Hadapi Hukuman Apapun

Kasus yang membelenggu Zul bisa dibilang sangat serius. Bagaimana tidak, Ia telah mengedarkan narkoba dalam jumlah yang cukup besar. Dalam dakwaan, Zul bahkan terancam hukuman mati.

"Kalau (vonis hakim) saya sih sudah siap, apapun nanti hasilnya. Karena keputusan manusia, keputusan Allah juga," pungkas Zul.


REKOMENDASI
TRENDING