KOREA

11 Idol K-Pop dengan Debut Terbanyak, Ada yang Sampai 7 Kali!

Selasa, 13 Oktober 2020 16:15 Penulis: Editor KapanLagi.com

Mino WINNER © Instagram.com/realllllmino, SOMI © Instagram.com/somsomi0309, dan Mark NCT © Instagram.com/superm

Kapanlagi.com - Bagi para trainee, debut sebagai idol dan meraih kesuksesan adalah mimpi yang harus mereka raih. Berbagai usaha pun tentunya dilakukan seperti terus berlatih kemampuan vokal dan menari mereka, sampai mengikuti ajang survival yang dapat memberikan secercah harapan untuk debut.

Tetapi, setelah debut pun bukan berarti mereka akan mendapat kesuksesan dengan instan. Ketatnya industri musik K-Pop mengharuskan para idol tampil dengan unik dan berbeda agar dapat mencuri perhatian publik. Seperti beberapa idol berikut yang pantang menyerah dan telah melakukan debut beberapa kali.

Siapa saja idol yang telah melakukan debut terbanyak? Yuk kita cek bersama!

 

 

1. SOMI

List pertama idol dengan debut terbanyak adalah SOMI. Mempunyai nama lengkap Jeon Somi, idol kelahiran tahun 2001 ini mengawali karirnya dengan debut bersama I.O.I yang merupakan girl group jebolan PRODUCE 101. Hanya dikontrak 1 tahun, I.O.I pun bubar pada tahun 2017. Kemudian SOMI yang berpartisipasi dalam program SISTER'S SLAM DUNK SEASON 2 ini juga memulai debutnya kembali sebagai member dari Unnies. Ia juga hanya sebentar bersama Unnies dan bubar di tahun 2017. Masih di tahun yang sama, idol cantik ini kembali mengikuti program acara yang melahirkan grup proyek yaitu Girls Next Door dan mempromosikan satu lagu yaitu Deep Blue Eyes.

Tiga kali debut dengan grup proyek yang tak pernah bertahan lama, akhirnya SOMI memulai kariernya sebagai penyanyi solo. Ia debut pada tanggal 13 Juni 2019 dengan single bertajuk Birthday dan sukses mendapat trofi pertamanya di comeback kedua yakni What You Waiting For.

2. Chaekyung APRIL

Sebelum debut di Korea, Chaekyung awalnya debut di Jepang dengan grup bernama Puretty. Hanya bertahan 2 tahun, Puretty bubar pada tahun 2014. Lalu ia mengikuti ajang survival PRODUCE 101. Meski tak masuk dalam top 11, Chaekyung berhasil debut dengan dua grup proyek buatan fansnya yaitu C.I.V.A dan I.B.I. Sudah 3 kali merasakan debut dan bubar, idol kelahiran 1996 ini akhirnya melakukan debut keempatnya bersama girl group APRIL yang masih aktif hingga sekarang.

3. Taemin SHINee

Taemin memulai karirnya pada usia yang masih sangat muda yakni 14 tahun (umur internasional). Ia debut bersama SHINee pada tahun 2008 lewat single Replay. Lalu pada tahun 2012, agensinya SM Entertainment membuat proyek grup bersama Hyundai bernama Younique. Taemin pun dipilih sebagai membernya bersama Hyoyeon SNSD, Eunhyuk Super Junior, Kai EXO, dan Luhan Eks EXO. Sukses bersama grupnya, idol bermarga Lee ini memulai karir Solonya pada tahun 2014 dengan mini album bertajuk Ace.

Sama Seperti Mark, ia juga tergabung dalam super grup bentukan SM Entertainment dan Capital Records yakni SuperM. Bergabungnya Taemin bersama SuperM merupakan kali ke-4 ia melakukan debut.

4. Mark NCT

Mark menjadi satu-satunya member NCT yang tergabung dalam semua unitnya. Ia pertama kali debut bersama NCT U pada April 2016 dengan lagu bertajuk 7th Sense. Lalu pada Juli 2016, ia kembali debut sebagai member NCT 127 dengan single bertajuk Fire Truck. Dan masih di tahun yang sama pada bulan Agustus, idol yang lahir di Kanada ini debut sebagai member NCT Dream yang merupakan unit remaja di NCT

Bukan hanya itu saja, saking berbakatnya Mark juga dipilih sebagai member SuperM yang terdiri dari 7 pentolan SM Entertainment dan debut pada tahun 2019 dengan single bertajuk Jopping. Ini merupakan keempat kalinya ia melakukan debut.

5. Baekhyun EXO

Baekhyun memulai debutnya bersama EXO pada tahun 2012, lalu ia tergabung dalam sub unit EXO-CBX yang terdiri dari 3 member yakni dirinya sendiri, Chen, dan Xiumin. Main vocal yang mempunyai suara merdu ini juga sudah memulai debut sebagai penyanyi solo pada Juli 2019 lewat City Lights. Hanya berjarak beberapa bulan dari debut solonya, Baekhyun kemudian dipilih sebagai member SuperM dan debut dengan lagu bertajuk Jopping. Idol yang mempunyai marga Byun ini tercatat sudah melakukan debut sebanyak 4 kali.

6. Cho Seungyoun (WOODZ)

Penyanyi, rapper, dan juga penulis lagu yang lahir dengan nama Cho Seungyoun ini awalnya debut bersama grup multinasional bentukan Yuehua Entertainment bernama UNIQ pada tahun 2014. Kemudian setelah ia mengikuti ajang survival SHOW ME THE MONEY, lelaki kelahiran 1996 ini memulai debut sebagai rapper dengan nama Luizy. Hanya bertahan dari tahun 2016 hingga 2018, Seungyoun akhirnya mengubah namanya menjadi WOODZ dan debut sebagai soloist. Pada tahun 2019, ia kembali debut dengan grup jebolan PRODUCE X 101 yakni X1. Meskipun grup tersebut tak bertahan lama, namanya kian dikenal publik sebagai idol all-rounder

7. Mino WINNER

Sebelum dikenal sebagai member dari WINNER, ternyata Mino sudah pernah memulai debutnya. Ia pernah tergabung dalam grup bernama BoM yang debut pada tahun 2011 sebagai rapper bernama Tagoon. Namun boy group tersebut tidak bertahan lama dan bubar pada tahun 2014. Setelah bubar, Mino mengikuti audisi di YG Entertainment dan berhasil debut sebagai member WINNER. Ia juga tergabung dalam rapper duo MOBB bersama Bobby iKON. Lelaki bermarga Song ini juga mengawali karirnya sebagai soloist pada tahun 2018 dengan single bertajuk Fiance. Jika ditotal, Mino sudah melakukan debut sebanyak 4 kali.

 

8. Moon Jinsil

Sempat viral sebagai backup dancer dari BLACKPINK, Moon Jinsil ternyata sudah pernah tergabung dalam 5 grup sekaligus. Pada tahun 2015 ia pertama kali debut dengan nama panggung Heeso bersama GI atau Global Icon dengan konsep androgini. Karena grup tersebut tidak menarik banyak perhatian publik, Jinsil debut lagi bersama grup HEXE dengan nama Jin. Sayangnya grup tersebut juga tidak bertahan lama, ia pun kembali debut pada tahun 2016 bersama AGirls.

Jinsil juga pernah menjadi leader dalam girl group Various pada tahun 2017 yang hanya bertahan hingga tahun 2018. Meskipun sudah beberapa kali gagal, perempuan yang jago menari ini ternyata tetap mengejar mimpinya sebagai idol dan kembali debut bersama grup Blastar dari VH Entertainment. Ini merupakan kali ke-5 dia debut bersama grup K-Pop.

9. Kim Sohee

Kim Sohee, idol kelahiran tahun 1995 ini sudah pernah debut selama 5 kali. Ia pertama kali debut sebagai grup proyek I.B.I dan C.I.V.A bersama para kontestan PRODUCE 101. Ia juga berpartisipasi dalam program IDOL DRAMA OPERATION yang membentuk girl group bernama Girl Next Door dan debut dengan satu lagu yakni Deep Blue Eyes pada tahun 2017. Masih di tahun yang sama, ia juga memulai karirnya sebagai penyanyi solo. Terakhir, ia debut dengan grup permanen di bawah naungan n.CH Entertainment bernama NATURE pada tahun 2018.

10. Taeyeon SNSD

Jika dihitung, leader SNSD ini ternyata pernah debut sebanyak 5 kali. Taeyeon mengawali karirnya sebagai member SNSD pada tahun 2007. Lalu ia tergabung dalam sub unit pertama dari SNSD yakni TTS bersama 2 member lainnya yaitu Tiffany dan Seohyun. Lalu pada tahun 2014, Taeyeon juga debut sebagai SM The Ballad bersama artis SM Lainnya. Di tahun 2015, idol bermarga Kim ini memulai karirnya sebagai penyanyi solo dengan mini album bertajuk I. Terakhir, debut kelimanya bersama sub unit kedua dari SNSD Oh!GG pada tahun 2018

11. HyunA

Tidak banyak yang tahu, HyunA yang terkenal dengan grup 4Minute ini ternyata pernah debut sebanyak 7 kali. Ia mengawali karirnya sebagai member dari Wonder Girls yang debut pada tahun 2007. Belum lama dari waktu debutnya, HyunA pun memutuskan untuk hengkang dari grup karena masalah kesehatan. Ia pun bergabung dengan Cube Entertainment dan debut bersama 4Minute pada tahun 2008. Selama berkarier di bawah naungan Cube Entertainment, Hyuna sudah tergabung dalam dua sub unit yaitu Trouble Maker dan Triple H. Ia juga sukses sebagai solois yang debut dengan lagu Bubble Pop.

Selain itu, ia juga pernah tergabung dalam grup proyek 4Tomorrow pada tahun 2009 dan Dazzling Red pada tahun 2012.

Itu dia 11 idol dengan debut terbanyak. Sangat berbakat dan pantang menyerah, mereka terus mencoba untuk meraih mimpinya sebagai penyanyi. Seperti para idol di atas, kamu juga harus pantang menyerah dan terus berusaha untuk meraih impianmu ya!

Ditulis oleh: Fitri Mardiana


REKOMENDASI
TRENDING