FILM INDONESIA

'PARANOIA' Dapat Empat Nominasi di FFI 2021, Mira Lesmana yakin Riri Riza Akan Sabet Piala Citra

Senin, 11 Oktober 2021 21:09

Mira Lesmana dan Riri Riza ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Festival Film Indonesia 2021 telah mengumumkan daftar nominasi untuk memperebutkan Piala Citra. Dari judul-judul yang bersaing, PARANOIA besutan Riri Riza berhasil meraih empat nominasi di kategori penata suara, pemeran utama wanita, sutradara serta film panjang.

Mengetahui fakta tersebut, Riri mengungkap rasa senang karena namanya dipilih oleh anggota asosiasi profesi yang terlibat penjurian. Menurutnya, penghargaaan ini semacam bonus dari kerja kerasnya.

"Yang paling penting pengalaman bekerja menyenangkan, sama produser diatur ketemu orang-orang keren yang kebanyakan teman. Itu aja udah reward. Terus dapat bonus (masuk nominasi), thank you banget asosiasi yang sudah memilih," kata Riri dalam jumpa pers virtual pada Senin (11/10/2021).

Mira Lesmana sebagai produser yakin bahwa Riri akan membawa pulang Piala Citra. Karena selama syuting film bergenre drama thriller tersebut, wanita ini melihat partner kerjanya begitu menikmati.

"Kita memutuskan untuk mengeksplorasi genre lain. Bahwa kemudian approach baru ini diapresiasi dan mendapatkan nominasi, saya luar biasa senang. Saya yakin banget Riri pasti dapat karena memang saya melihat proses bekerjanya dia enjoy untuk eksplorasi genre," sambung Mira pada kesempatan yang sama.

1. Pandemi Melahirkan Ide

PARANOIA melaksanakan proses syuting pada akhir tahun 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan begitu ketat. Sejak awal ide cerita tercetus, Mira Lesmana dan Riri Riza begitu mengatur supaya tidak banyak pemain serta kru dilibatkan.

"Kita bikin cerita di mana bisa mengontrol kru, mengontrol jumlah lokasi, dan yang paling penting gimana aktor kita bisa nyaman. Karena walaupun sudah dibatasi, kru pakai masker, pemain nggak bisa. Setelah tujuh hari karantina akhirnya kita bisa saling nyaman," jelas Mira.

Ide film dengan bintang Nirina Zubir, Nicholas Saputra, Lukman Sardi dan Caitlin North Lewis ini datang di antara ketakutan tak terjelaskan selama masa pandemi. Kondisi itu pula yang kemudian digunakan dalam ceritanya.

"Pandemi ini pendorong, motivasi paling kuat karena hidup kita berubah, banyak hal tidak kita mengerti dan itu melahirkan rasa takut, khawatir, rasa tegang. Itu yang kemudian bikin kita berpikir singkat, pendekatan (cerita) ini bisa kita kerjakan dalam kondisi yang ketat," tandas Riri.

PARANOIA berkisah tentang Dina, seorang ibu dengan satu orang anak yang memutuskan bersembunyi setelah mengetahui suaminya bebas dari penjara. Dalam persembunyiannya, hubungan Dina dan sang anak terusik oleh pria misterius. Film ini akan tayang di bioskop mulai 11 November 2021.

(kpl/abs/dwn)


REKOMENDASI
TRENDING