Sinopsis 'DOWNSIZING', Ketika Manusia Punya Cara Menyusutkan Diri

Senin, 12 Februari 2018 14:58 Penulis: Mahardi Eka
Sinopsis 'DOWNSIZING', Ketika Manusia Punya Cara Menyusutkan Diri Paramount Pictures

Kapanlagi.com - Alexander Payne yang pernah membesut THE DESCENDANTS dan SIDEWAYS menyuguhkan drama komedi terbaru dalam DOWNSIZING. Dalam film terbarunya ini, Payne menggaet sederet aktor dan aktris kenamanan Hollywood seperti Matt Damon, Christoph Waltz, Hong Chau, dan juga Kristen Wiig

DOWNSIZING bercerita tentang sepasang suami istri Paul (Matt Damon) and Audrey Safranek yang memutukan untuk menyusutkan tubuh mereka menjadi kecil. Mereka berencana untuk bergabung dalam suatu komintas baru yang berisi orang-orang yang telah menyusutkan tubuhnya. Komunitas tersebut tinggal di Leisureland.

Ide penyusutan tubuh menjadi sebesar 5 inchi ini merupakan sebuah penemuan yang dipelopori oleh teman kuliah Paul bernama Dave dan Carol Johnson. Ide ini tercetus sejak lima belas tahun yang lalu, namun baru dikemukakan secara umum saat acara reuni kuliahnya bersama Paul. Penemuan ini sendiri dibuat dengan tujuan menciptkan hidup yang ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup manusia karena dengan tubuh yang kecil Dave percaya bahwa sampah yang dihasilkan pastilah berkurang dan manusia bisa mengeluarkan biaya yang lebih sedikit.

Namun penemuan ini menimbulkan masalah bagi Paul alias Matt Damon, pasalnya sang istri yang diperankan oleh Kristen Wiig memilih untuk meninggalkannya karena tidak ingin menyusutkan tubuhnya di menit-menit terakhir setelah sempat setuju dan pindah ke Leisureland.

Tak hanya itu, setahun kemudian masalah-masalah baru pun datang menghampiri Paul setelah ia memutuskan untuk bercerai dengan Audrey. Ia pindah ke apartemen baru dan bekerja sebagai telemarketing di Land’s End. Ia menyadari bahwa ia menyesal mengambil keputusan awalnya menyusutkan tubuh, dan putus dengan pacar barunya di sebuah pesta di rumah tetangganya Dusan.

Masalah yang lebih kompleks kembali mendera Paul dimana masalah ini melibatkan Ngoc Lan Tran, seorang imigran gelap asal Vietnam yang kakinya putus saat ia diselundupkan masuk dalam kotak televisi ke Amerika sehingga kini ia menggunakan kaki palsu namun sudah rusak.

Berniat membetulkan kaki palsu Ngoc Lan, Paul justru merusakannya. Sebagai gantinya Paul bekerja kepada Ngpc Lan karena Ngoc Lan tak lagi bisa bekerja. Terlibat dalam usaha penyelamatan teman Ngoc Lan dalam penyelundupan makanan di lingkungan kumuh, Dusan datang menyelamatkan Paul dan berniat mengajaknya pergi ke Norwegia namun aksi tersebut dipergoki oleh Ngoc Lan yang ngotot ingin ikut.

Terus tertiban masalah sejak pengambilan keputusan penyusutan tubuh, mereka bertemu oleh Dr.Asbjørnsen. Siapakah Dr.Asbjørsen dan apakah yang akan terjadi selanjutnya kepada Paul? Akankah ia terlibat masalah baru yang lebih besar dari masalah-masalah sebelumnya? Dan bagaimanakah hubungannya dengan sang mantan istri?

Sejak penayangan perdananya pada 22 Desember 2017 yang lalau film ini akan mengocok perasaan penonton dengan alur cerita yang seru dan juga lucu. Dipersembahkan oleh Paramount Pictures trailer pertama film yang berdurasi 2 menit 31 detik ini telah ditonton oleh sekitar 8,5 juta orang di seluruh dunia.



Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary


(kpl/ren/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING