Chandra Liow, Belajar Bikin Video Otodidak - Jadi YouTuber Tenar!

Selasa, 11 April 2017 16:35 Penulis: Girindra Permana Cahya
Chandra Liow, Belajar Bikin Video Otodidak - Jadi YouTuber Tenar! Chandra Liow © KapanLagi.com/Adhib Mujaddid

Kapanlagi.com - 'What's up people of the world' merupakan sapaan khas dari seorang Chandra Liow. Sebagai seorang YouTuber, perjalan cowok Chinese - Manado ini terbilang cukup panjang hingga bisa mencapai ketenaran dan kesuksesan seperti sekarang.

2008 menjadi awal Chandra main YouTube dimulai dengan membuat akun pertamanya. Baru pada 2009 ia mulai rajin membuat video dan mempostingnya di sana. Sayangnya jadi salah satu penyedia content hiburan di YouTube tak segampang itu. Tak banyak yang menjadi subscriber akunnya. Momen ini berlangsung setidaknya hingga tahun 2014.

Yang menjadi titik baliknya sebagai digital comedian adalah ketika Instagram menyediakan layanan untuk upload video dengan durasi 15 detik pada tahun 2013. Chandra Liow kemudian diajak oleh Benakribo untuk ikut ambil bagian. Awalnya ia tak tertarik ikut, namun akhirnya ikut turun juga dan menjadi salah satu inisiator Indovidgram, komunitas yang menaungi para pembuat video Instagram asli Indonesia.

Chandra Liow mulai main YouTube 2008, aktif bikin video tahun 2009 © YouTubeChandra Liow mulai main YouTube 2008, aktif bikin video tahun 2009 © YouTube

Dari sana nama cowok kelahiran 21 Juni 1993 mulai merangkak kemudian meroket. Nggak cuma aktif bikin video di Instagram aja, ia tetap memberikan pasokan video di channel YouTube-nya. Dua akun ini kemudian makin 'hidup' dan akhirnya bisa 'menghidupi' kehidupannya.

Cowok yang akrab disapa Koh Chan ini pernah diundang oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Istana Negara pada 2013 usai menjadi salah satu nominee dalam ajang kompetisi Video Kreatif Rakyat. Untuk ajang tersebut, Chandra bikin video remix salah satu lagu nasional.

Sebelum jadi YouTuber seperti sekarang, Chandra Liow adalah seorang pelajar biasa. Namun minatnya untuk 'membuat video' sudah ada sejak itu. Sebelum main YouTube dan Instagram, ia mengatakan sering bikin video-video lucu yang diunggah di Facebook kemudian dipamerkannya pada kerabat dekatnya.

Chandra Liow bersama Tommy Limm © KapanLagi.com/Adhib MujaddidChandra Liow bersama Tommy Limm © KapanLagi.com/Adhib Mujaddid

Hampir semua tahap dalam proses pengerjaan video diatasi sendiri oleh Chandra, termasuk sesi editing dan terkadang pengambilan gambar. Yang menarik adalah semua ilmu yang ia terapkan dipelajari secara otodidak lewat YouTube sejak SMA.

Setelah 6 tahun rajin bikin dan mengunggah video ke YouTube, akhirnya Chandra Liow membintangi film pertamanya pada tahun 2015. Ia ditarik oleh Soraya Film tanpa ikut casting dan menjadi main character antagonis di sana. Kalau kalau pernah lihat film SINGLE yang menempatkan Raditya Dika sebagai pemeran utamanya tentu nggak akan lupa sama Bang Joe, tokoh yang dimainkan Chandra. Bukan anggap sebagai impian utama, Chandra lebih suka menyebut ini sebagai achievment dalam karirnya.

Aksi Chandra Liow dalam film 'SINGLE'. Ia menjadi musuh Raditya Dika yang menjadi karakter utama © Soraya FilmAksi Chandra Liow dalam film 'SINGLE'. Ia menjadi musuh Raditya Dika yang menjadi karakter utama © Soraya Film

Di tahun yang sama ia menjadi salah satu pembicara dalam Asia Pasific Media Forum (APME). Ia menceritakan perjalanannya sebagai content creator. Dalam acara yang mengambil tempat di Bali ini, Chandra bicara di depan 1000 media se-Asia Pasifik.

Paling baru Chandra Liow dan tim2one terpilih sebagai salah satu pemenang dari Influence Asia 2017. Bersama rekan setianya Tommy Limm, Chandra menjemput gelar Top YouTube Channel di acara yang digelar di Malaysia tersebut.

Akun Instagram dan YouTube miliknya sudah bisa jadi sumber penghidupan. Tak mustahil memang jika melihat followernya di IG yang sampai angka 1,2 juta serta di YouTube tembus 1 juta lebih subscriber.

Bukan hanya itu beberapa brand ternama pun mempercayakan mandat ambassador pada Chandra. Salah satunya adalah produk snack kentang yang menjadikannya CEO alias Chief Entertainment Officer.

(kpl/otx)


REKOMENDASI
TRENDING