SELEBRITI

Gaduh Terawangan Pergantian Presiden di 2021, Pendukung Jokowi Bikin Laporan - Mbak You Klarifikasi

Selasa, 19 Januari 2021 20:08

Mbak You / Credit: KapanLagi - Budy Santoso

Kapanlagi.com - November tahun lalu, peramal Mbak You menggelar jumpa pers tahunan. Pada momen tersebut ia memberikan penerawangan terkait apa yang akan terjadi sepanjang 2021 meliputi dunia hiburan, panggung politik sampai fenomena alam.

Dalam terawangannya, Mbak You berkata bila Presiden Joko Widodo akan lengser dari jabatannya. Sebelum hal itu terjadi, bakal berlangsung kerusuhan di daerah-daerah hingga pusat yang gagal diredam oleh pemerintah.

"Penjarahan akan terjadi pada tahun 2021, ada politik memanas dan ada bahasa yang mungkin secara politik pergantian Presiden, udah ada tanda-tanda dari daerah ke atas sudah memanas," tutur Mbak You ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang, Jakarta Selatan.

"Memang akan ada pergantian, tetapi dimulai dari penjarahan, keributan, hal yang udah diupayakan pemerintah meredam semuanya memang bisa tapi tidak akan maksimal karena menuai pro dan kontra pemerintahan sekarang," lanjutnya.

1. Pendukung Jokowi Lapor Polisi

2 bulan setelah penerawangan itu diberikan, akhir pekan lalu pengacara Pitra Romadhoni mendampingi kliennya bernama Hadi Chandra Nasution datang ke Polda Metro Jaya. Mereka berniat konseling sebelum melaporkan seseorang atas terawangannya. Pitra tidak menyebut nama karena memakai azas praduga tak bersalah.

"Klien saya Hadi Chandra Nasution dari Medan langsung ke Polda Metro Jaya. Beliau masyarakat pendukung Pak Jokowi. Klien saya keberatan (dengan terawangan) dan harus ditindak tegas, disikapi. Akan dilaporkan pasal 14 dan 15 UU No 1 tahun 1946 tentang kabar yang tidak pasti. Bunyinya barang siapa dengan sengaja menyiarkan berita tidak pasti yang akan menimbulkan kerusuhan. Lalu pasal 45 UU ITE," kata Pitra ditemui pada Jumat petangĀ  (15/1/2021) di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Setelah berkonsultasi, penyidik berkoordinasi dengan tim dari Kriminal Khusus meminta Pitra dan kliennya membawa laporan ini langsung ke Mabes Polri. "Tadi kami sudah konseling, ternyata ini perkara yang pelik sekali. Jadi penyidik setelah berkoordinasi dengan Krimsus, (laporan) ini akan kami serahkan ke Mabes Polri sesuai anjuran dan saran," jelasnya.

2. Klarifikasi Lewat Channel Youtube

Saat tim redaksi KapanLagi.com meminta tanggapan terkait pihak yang diduga ingin membawa terawangannya ke ranah hukum, perwakilan Mbak You mengatakan belum mau berbicara. Namun ia sudah memberikan klarifikasinya lewat unggahan terbaru di akun Youtube-nya.

"Yang saya maksud di preskon 2020 itu, bahwa di tahun mendatang, pergantian Presiden di 2024 itu akan ada pergantian Presiden. Bukan Presiden sekarang, bukan 2021. Tapi di saat nanti di tahun 2024 akan ada ganti Presiden, bukan 2021. Tapi di 2021 politik akan memanas," tegas Mbak You seperti dikutip dari channel Youtube-nya.


REKOMENDASI
TRENDING