Berawal Dari Film Pendek, Garin Nugroho Melangkah Jadi Sutradara

Rabu, 27 Januari 2016 15:52 Penulis: Natanael Sepaya
Berawal Dari Film Pendek, Garin Nugroho Melangkah Jadi Sutradara Garin Nugroho © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Sebagai sutradara film, Garin Nugroho telah berhasil melahirkan berbagai karya hebat dan patut diacungi jempol. Mulai dari GERBONG SATU DUA, sampai film terbarunya yang akan dirilis sebentar lagi, AACH AKU JATUH CINTA.

Hanya saja, perjalanan Garin Nugroho sebagai sutradara di industri film rupanya tidak semudah yang dibayangkan. Berawal dari film pendek, butuh hampir 25 tahun untuk benar-benar aktif membuat karya-karya lainnya.

"Kalau film cerita itu mulai dari 90an, jadi hampir 25 tahun lah. Tapi kalau film pendek saya mulai bikin film pendek pertama di umur 19 tahun lah. Itu sekitar tahun 81 - 82, umur 19 tahun sudah bikin film pendek. Judulnya JEJAK-JEJAK, jadi cuma ngikutin jejak-jejak di jalan aja. Ada jejak apa di jalan diikuti. Jejak kaki di pantai, jejak kaki ya, seluruh jejak yang saya jumpai saya ikuti, itu film pendek pertama saya," jelas Garin Nugroho saat ditemui tim Muvila di Jl. Gunawarman beberapa waktu yang lalu.

Tidak seperti sekarang, banyak hal yang harus dilalui dan dialami Garin Nugroho sebelum bisa membuat filmnya sendiri © KapanLagi.com/Budy SantosoTidak seperti sekarang, banyak hal yang harus dilalui dan dialami Garin Nugroho sebelum bisa membuat filmnya sendiri © KapanLagi.com/Budy Santoso

Lebih jauh, ada sejumlah faktor yang membuat Garin dan bisa jadi para sineas senior lalui terlebih dahulu sebelum benar-benar bisa berada di posisinya seperti sekarang ini. Selain alat dan perlengkapan yang terbatas, pengalaman pun jadi faktor penting sebelum Garin dan para sineas lainnya bisa benar-benar membuat film sendiri.

"Dulu bikin film pendek bahan bakunya aja mahal, apalagi buat mahasiswa. Harus beli pita film di TVRI, itu pun (format) positif, nggak ada negatifnya. Kemudian kalau mau jadi sutradara harus jadi asisten script dan asisten sutradara lima kali dulu, lalu dapat izin dari lima sutradara senior," pungkasnya.

Dengan sederet pengalaman dan teknik yang Garin Nugroho dapat selama berkarir di industri film Tanah Air, sangat wajar kalau film-filmnya banyak mendapat apresiasi. Nah, pada 4 Februari mendatang, film terbarunya yang berjudul AACH AKU JATUH CINTA akan memberikan kamu sebuah kisah drama percintaan retro yang pasti bikin gregetan. Karena itu, pastikan kamu tahu dulu semua update tentang film tersebut cuma di KapanLagi.com® ya KLovers. :D

(muv/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya


REKOMENDASI
TRENDING