Hangat Isu Transgender, Bagaimana Komentar Solena Chaniago?

Selasa, 04 Agustus 2015 08:15 Penulis: Risang Sudrajad
Hangat Isu Transgender, Bagaimana Komentar Solena Chaniago? Solena Chaniago @foto: © KapanLagi.com/Bambang E Ros
Kapanlagi.com - Isu transgender kembali ramai semenjak Caitlyn Jenner memutuskan berubah menjadi wanita. Di Indonesia sendiri, nama Solena Chaniago sangat erat kaitannya dengan isu ini. Seperti Caitlyn, wanita asal Padang ini juga memutuskan untuk melakukan transgender.

Solena Chaniago menilai apa yang dilakukan oleh Caitlyn Jenner merupakan sebuah langkah yang sangat bagus. Menurut dia, hal ini bisa membuka mata masyarakat jika transgender bukanlah sebuah dosa dan layak untuk diberikan kesempatan atau hak.

"Sebenarnya saat Caitlyn Jenner membuka diri, hal itu membuka mata orang Amerika berpendapat bahwa sebenarnya memang transgender ada di antara mereka dan harus diberi hak. Menurut saya pribadi, bersyukur ada orang seperti Caitlyn Jenner yang berani membuka diri sehingga orang-orang mengapresiasi hal itu," ujar Solena Chaniago saat mengunjungi kantor redaksi Kapanlagi.com®, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (3/8).

Solena anggap Caitlyn membuka mata setiap orang bahwa para transgender harus diberi hak. Foto: KapanLagi.com®/Bambang E Ros - Dress by: Kristoofer dan kristoofer Spora - Make-up by: Billy AryaSolena anggap Caitlyn membuka mata setiap orang bahwa para transgender harus diberi hak. Foto: KapanLagi.com®/Bambang E Ros - Dress by: Kristoofer dan kristoofer Spora - Make-up by: Billy Arya

Melihat isu transgender yang kini kian ramai, Solena Chaniago mengingat saat dirinya pertama kali muncul sebagai seorang transgender. Saat itu, masyarakat masih belum menganggap hal ini sebagai sebuah pilihan hidup.

Hal itulah yang membuat dirinya sangat sulit diterima oleh masyarakat. Bahkan saat itu, dia harus terpaksa keluar dari pekerjaan karena statusnya sebagai seorang transgender.

"Bedanya Caitlyn Jenner sudah terkenal dan disorot banyak orang. Sebenarnya ada orang yang memecat saya karena transgender tapi itu tidak diungkapkan langsung. Jadi perjuangan saya juga jauh lebih berat daripada Caitlyn Jenner," pungkasnya.

(kpl/pur/abl)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING